Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Berita Pilihan > 2018, PMI KOTA SUKABUMI SIAPKAN 20 RIBU LABU DARAH

2018, PMI KOTA SUKABUMI SIAPKAN 20 RIBU LABU DARAH

Masaginews.com – Kebutuhan darah di Kota Sukabumi ternyata cukup tinggi setiap tahunnya. Selama tahun 2017 Unit Transfusi Darah PMI Kota Sukabumi mencatat sebanyak 17 ribu labu darah yang didistribusikan ke masyarakat.

Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan labu darah, PMI membentuk tujuh kampung donor darah hingga tingkat RT dan RW termasuk masjid di beberapa kecamatan di Kota Sukabumi.

“Setiap tahun kenaikannya 15 persen, makanya di tahun 2018 kita menyiapkan sebanyak 20 ribu lebih labu darah berbagai golongan,” ujar Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo kepada Masaginews.com usai peresmian Kantor PMI Kota Sukabumi di Jalan Arief Rahman Hakim oleh Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz, Kamis (04/01).

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo. (Herry/masaginews.com)

Menurutnya, keberadaan kampung donor darah sangat membantu sekali. Pasalnya setiap tiga bulan, PMI tidak perlu lagi meminta dan sudah disiapkan jadwalnya oleh warga sendiri.

“Ini yang menjadi tulang punggung darah di Kota Sukabumi. Kesadaran masyarakat sekarang sudah sangat luar biasa, karena manfaat donor bukan hanya dirasakan oleh pasien tetapi juga pendonornya,” tandas Suranto.

Selain melayani transfusi darah, ungkap Suranto, pihak PMI juga memberikan pelayanan mobil ambulance gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Saat ini 15 sampai 25 orang setiap hari donor darah. Kami juga melayani warga dari luar kota yang ingin mendonorkan darahnya, cukup dengan membawa kartu khusus donor,” pungkasnya. (Feb)

REKOMENDASI:

AWASI PKL, PULUHAN POL PP JAGA TROTOAR JALAN SILIWANGI PALABUHANRATU S... Masaginews.com - Sejumlah personil anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi melakukan pengawasan didepan jalan Siliwangi dan Pasar Palabuhanratu Guna mengantisipasi adanya Pedagang Kaki Lima(PKL) yang kembal...
Warga Sukabumi yang Ingin Berangkat Haji, Harus Menunggu Hingga 15 Tah... Kabupaten Sukabumi - Bagi siapapun warga Kabupaten Sukabumi yang ingin berangkat menunaikan ibadah haji, harus menunggu dahulu hingga 15 tahun. Ini dikarenakan daftar tunggu haji yang setiap tahunnya terus membludak kare...
REMAJA CIKIDANG SUKABUMI TEWAS MINUM MIRAS OPLOSAN Masaginews.com - Seorang remaja 14 tahun warga Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi tewas setelah minum miras oplosan yang diracik seorang temannya. "Korban atas nama Dede alias Nyunyun bin Apen, usia 14 tahun warga...
Rapat dinas Bulanan Dinas Kesehatan Bertempat di Hotel Inna Samudera palabuhanratu, Kamis (4/5). Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami menghadiri Rapat Bulanan Lingkup Dinas Kesehatan. Dalam sambutannya Bupati menekankan Agar seluruh Puskesmas yang ada dikabupa...