Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Otonomi > Alamak! Gara-Gara Minim Lahan, Jenazah di Sukabumi Bakal Ditumpuk

Alamak! Gara-Gara Minim Lahan, Jenazah di Sukabumi Bakal Ditumpuk

Masaginews.com – Pemda Kota Sukabumi berencana akan menumpuk beberapa jenazah dalam satu lubang makam. Langkah tersebut terpaksa harus ditempuh akibat kian menyusut ketersediaan lahan untuk pemakaman umum.

Walikota Sukabumi M Muraz mengakui penumpukan beberapa jenazah dalam satu lubang makam, merupakan siasat yang akan ditempuh pemerintah daerah dalam mengatasi masalah minimnya lahan pemakaman. Namun untuk memberlakukannya, pemda akan terlebih dahulu meminta fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kami akan meminta fatwa terlebih dahulu, apakah menguburkan lebih dari satu jenazah dalam satu lubang diperbolehkan atau tidak, terutama untuk jenazah suami isteri,” katanya kepada Masaginews.com, baru-bari ini.

Muraz menuturkan selain menumpukan jenazah dalam satu lubang, solusi lainnya yang akan ditempuh adalah melakukan perluasan lahan pemakaman dengan cara mencari lahan baru untuk dijadikan sebagai tempat pemakaman umum (TPU). Hanya saja lahan baru itu dimungkinkan berada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Langkah-langkah ini sudah saya perintahkan, termasuk anggarannya pun sudah disiapkan. Tinggal menunggu saja fatwa MUI, jika dilarang dilakukannya penumpukan jenazah dalam satu lubang, maka kami akan menempuh solusi kedua yakni mencari lahan baru,”tandasnya.

Meski demikian, langkah kedua yakni perluasan lahan pemakaman itu pun masih terbilang masih samar. Pasalnya untuk mendapatkan lahan baru di wilayah kabupaten, Pemda Kota Sukabumi harus mendapatkan ijin dari pemerintah daerah setempat. “Idealnya seperti di Mekkah dan Madinah sudah 1500 tahun luas makam tidak bertambah,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap kepada non muslim yang membolehkan jenazahnya di kremasi lebih baik dikremasi saja daripada menyediakan lahan untuk pemakaman. “Pemda lebih baik menyediakan tempat untuk kremasi,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Unit Pelaksana Tekni Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi menjelaskan selama ini pemerintah daerah memiliki lahan untuk pemakaman seluas 49 Hektar yang tersebar di sembilan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Ke sembilan  TPU itu antara lain Taman Bahagia Benteng, TPU Taman Rahmat Citamiang, TPU Kerkop Gedong Panjang, TPU Cikundul, TPU Khusnul Khotimah Ciandam, TPU Astana Baros, TPU Tegalpari. dan 2 TPU di Kelurahan Subangjaya.  “Dari total puluhan Hektar lahan pemakaman tersebut, diperkirakan hampir 90 Persen telah terisi. Artinya ketersediaan lahan untuk pemakaman sangat minim sekali,” kata Ujang Rustandi. (Budi Setiawan)

REKOMENDASI:

Ratusan Pengusaha Peternakan di Sukabumi Kemplang Pajak Air Masaginews.com - DPRD Kabupaten Sukabumi mengindikasi ratusan pengusaha peternakan kemplang pajak penggunaan air bawah tanah. Mereka memanfaatkan sumur bor untuk kelangsungan usahanya tanpa memikirkan kewajibannya. Ketu...
Ratusan Lampu PJU di Kota Sukabumi Tak Berfungsi Masaginews.com - Ratusan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi, tak lagi berfungsi akibat mengalami kerusakan. Berdasarkan data pada Dinas Perhubungan (Dishub) setempa...
Korban Pergerakan Tanah di Bantarkalong Segera Miliki Rumah baru Reportase : Edo Supriadi Masaginews.com - penderitaan warga Kampung Pasir Jambu, Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang menjadi korban bencana pergerakan tanah akan segera berakh...
Adu “Cantik” Bacaleg Sukabumi Olla Ramlan dan Desy Ratnasa... Kabupaten Sukabumi  - Pemilihan Legislatif 2019 untuk Daerah Pemilihan IV Jawa Barat (Kota/Kabupaten Sukabumi) akan lebih ramai dengan kehadiran sosok publik figure yang juga artis yakni Olla Ramlan yang maju sebagai Bac...
Aher-Muraz Orasi ‘Faham’, Timses: Datang Sebagai Kader Par... Reportase: Budi Setiawan Masaginews.com - Ribuan massa pendukung pasangan calon walikota dan wakil walikota nomor urut 2 Achmad Fahmi - Andri Setiawan Hamami (Faham) memadati jalan Lingkar Selatan Kecamatan Cibereum K...