Berkah Ramadhan, Pengusaha Kolang kaling di Sukabumi di Banjiri Pembeli

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

PENGRAJIN kolang kaling di Kabupaten Sukabumi, mulai kebanjiran pembeli. Salah satunya pengrajin kolang kaling di Kampung Pasir Gerong Rt 06/01 Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.

Setiap harinya tak henti henti di datangi penggemar dan pecinta makanan yang berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan ini.

Dengan berjumlah 7 sampai 10 orang karyawan, hampir 30-50 kilogram pesanan dari kalangan masyarakat sekitar maupun daerah lain berdatangan membeli manisan kolang kaling dengan harga pabrik sebesr Rp 12.000 per Kg.

Selain masyarakat sekitar yang datang membeli, hampir setiap tiga hari sekali di bulan Ramdhan para pedagang pun datang. Mereka membeli untuk dijual kembali kesejumlah warng-warung tradisional yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Hasannudin (29) selaku pemilik sekaligus pengrajin kolang kaling mengatakan, selama 5 tahun usaha yang di dirikannya berjalan hingga saat ini. Puluhan langganan yang dimilikinya pun sudah menetap membeli di prusahaan miliknya. 

“Alhamdulillah sudah lima tahun berjalan usaha kolang kaling ini saya jalankan. Selama memasuki bulan ramadhan dengan jumlah 7 sampai 8 orang karyawan ini bisa terpenuhi permintaan pembeli,” ungkapnya. (*)