Ini Loh Manfaat Pepaya Jepang Bagi Kesehatan

Masaginews.com –  Pepaya Jepang, tanaman yang satu ini tergolong unik, bagai mana tidak meski namanya pepaya jepang,  namun tanaman ini tidak termasuk kedalam jenis pepaya yang buahnya biasa dikonsumsi dan juga tidak berasal dari jepang seperti namanya.

Tanaman yang memiliki nama latin Cnidoscolus aconitifolius di Indonesia dikenal juga dengan nama chaya atau ada yang menyebutnya juga dengan nama bayam pohon. Tanaman ini aslinya berasal dari semenanjung Yucatan, Meksiko, Amerika Tengah. Di masa lalu tanaman ini merupakan makanan favorit Bangsa Maya.

Pepaya Jepang merupakan tanaman semak menahun yang mudah di budidayakan, pepaya jepang memiliki rasa yang mirip dengan bayam, makanya sebagian orang menyebutnya bayam pohon.  Tanaman ini sangat mudah ditanam, cukup dengan melakukan stek batang maka pohon baru pun akan tumbuh dalam waktu relatif singkta.

Di luar rasanya yang mirip bayam, tanaman ini ternyata juga memiliki banyak manfaat.  Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari tanaman yang satu ini.

1.Anti Kanker

Manfaat yang paling fantastis dari daun pepaya Jepang yaitu dapat dijadikan sebagai obat anti kanker. Daunnya dipercaya bisa menguatkan bagian sel yang rentan terjadinya penyakit kanker. Selain itu, acetogenin yang terkandung di daunnya  terbukti sangat ampuh dalam mencegah terjadinya kanker.

2. Baik untuk Kesehatan Usus

Daun pepaya Jepang salah satunya sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Hal ini lantaran daunnya yang bersifat alami serta terdapat kandungan enzim menyerupai chymopapain, papain, amilase, protease, karbohidrat dan mineral sehingga menimbulkan usus lebih bersih dan membuat organ pencernaan badan berfungsi dengan baik.

3. Membunuh Bakteri

Daun pepaya Jepang juga sangat ampuh dalam membunuh dan melawan bakteri  yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mencegah Jantung Koroner

Mengandung vitamin c yang berfungsi sebagai anti oksidan sebagai  pencegah terjadinya jantung koroner.

5. Anti Penuaan

Daun pepaya Jepang mempunyai lebih dari 50 asam amino menyerupai glisin, valin, asam glutamat, leusin, tirptofan, distidin dan lainnya. Semua kandungan yang terdapat dalam daun pepaya jepang merupakan  materi dasar bahan pembuat kosmetik.

Meski  memiliki banyak manfaat, namun daun pepaya jepang berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil, ini disebabkan oleh kandungan enzim papain yang dapat menjadi racun untuk si janin. Selain itu getah putih dari batangnya bisa menimbulkan iritasi dan alergi terutama bagi yang memiliki kulit sensitif, maka disarankan agar menggunakan sarung tangan saat memetik daun ini.

Mengetahui lebih banyak manfaat yang bisa kita dapat dari tanaman ini, apakah anda tertarik untuk menanamnya? (Atin Nindia)