Alamak! Kondisi Jalan Puncak Peuyeum di Kabupaten Sukabumi Mengenaskan

Kabupaten Sukabumi – Jalan di kawasan Puncak Peuyeum, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sangat mengenaskan. Bertahun-tahun, lintasan selebar dua setengah meter tersebut dibiarkan rusak sehingga sangat terjal untuk dilalui.

Selain dipenuhi bebatuan berukuran besar, permukaan jalan ini pun tidak dilapisi aspal melainkan hanya berupa dataran tanah tanah yang tandus serta dipenuhi semak-semak yang kering.

Kondisi yang memprihatinkan pada jalan di Puncak Pauyeum ini pun menjadi viral di media sosial, setelah salah satu warga sekitar dengan akun facebook bernama Dodih Al Musyaffa mengunggah foto beserta keterangannya. “Ruas jalan puncak peyeum, Gegerbitung, Sukabumi, satu satu nya akses terdekat ke arah Kota Sukabumi dari kampung saya,” tulisnya.

Sontak unggahan tersebut menuai berbagai tanggapan dari warganet lain dengan komentar yang beragam. Akun bernama Teuing Ah yang miris dengan kondisi tersebut ikut berkomentar dengan geram. “2018 masih aya knh jlan kitu kbngetan,” ungkapnya.

Sementara itu pengguna lainnya bernama Ridwan Ianz justru mengusulkan ide untuk menyampaikan sindiran kepada pemerintah daerah setempat. “Tong cicing wae warga gerbi na. Pasang spanduk bertulisan selamat dtang d jalan butut ameh pegawai pemda na eraeun..(Jangan diam saja warga Gegerbitung nya. Pasang spanduk bertuliskan Selamat Datang di Jalan Jelek biar pegawai Pemda merasa malu),” selorohnya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi M Zaenudin mengaku masih banyaknya infrastruktur jalan di wilayahnya baik berstatus jalan desa maupun jalan kabupaten kondisinya mengalami kerusakan. “Akibat keterbatasan anggaran, maka upaya perbaikan dilakukan secara perlahan setiap tahunnya. Namun infrastruktur jalan ini tetap menjadi prioritas dalam pengalokasian anggaran,” ujar Zaenudin. (Ary Wahyuni)