Batu Kakapa di Aliran Sungai di Jampangtengah, Kisahnya Bikin Ciut Nyali

Kabupaten Sukabumi – Mungkin saja masyarakat Kabupaten Sukabumi belum mengetahui tentang adanya Batu Kakapa yang terletak di tengah aliran Sungai Cikaso di Kampung Cisaat Rt 028/005 Desa Nangerang Kecamatan Jampangtengah.

Batu Kakapa ini memiliki ukuran yang sangat besar. Sekilas bentuknya seperti bukit kecil, namun sebagian warga melihat bentuknya lebih menyerupai sebuah mobil bak terbuka. Terlepas dari itu, keberadaan batu kakapa di tengah aliran Sungai Cikaso tersebut selalu membuat bulu kuduk berdiri bagi siapapun yang melihatnya.

Terlebih lagi, batu kakapa ini memiliki kisah yang bikin nyali menjadi ciut. Betapa tidak konon batu tersebut dulunya adalah tempat para jawara yang berasal dari Sukabumi Selatan atau wilayah Pajampangan menjalankan ritual semedi.

“Sejauh ini belum ada yang mengetahui kisah sesungguhnya soal batu Kakapa. Namun menurut cerita dari para orang tua, batu itu dulunya tempat bersemedi sebagian jawara, terutama dari desa sekitar,” ungkap Kepala Dusun (Kadus) Desa Nagerang, Erma Hermawan.

Tidak hanya itu saja, kabar yang beredar di tengah masyarakat juga menyebutkan bahwa dahulu kala, setidaknya puluhan tahun lalu, pernah ada seorang warga yang pernah melihat sekumpulan kucing sedang mengantri di sekitar batu tersebut.

Namun seiringnya waktu dan perkembangan jaman, batu tersebut kini tidak lagi dirasakan angker, bahkan kini kerap dikunjungi warga yang berasal dari luar wilayah hanya untuk berselfie. “Tetapi warga disini selalu mengingatkan kepada setiap pengunjung agar berhati-hati dan jangan berprilaku yang berlebihan di sekitar batu kakapa,” ujar Erma.

Salah seorang Anggota Kelompok Penggerak Pariwisata Jampang Tengah, Abdilah Asmara(28) mengaku tidak sedikit warga sengaja berkunjung ke Batu Kakapa karena bentuknya yang unik serta kisah misteri yang ada dibalik keberadaannya. “Selain bentuknya yang unik untuk spot sefie juga ingin mengetahui sejarahnya,” ungkapnya. (Ruslan Abdul Gandi)