Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Cicantayan “Patungan” Perbaiki Jalan Rusak

Kabupaten Sukabumi – Sudah lebih dari 20 tahun lamanya kerusakan jalan di Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, tidak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah setempat. Kecewa akan hal tersebut, warga pun memutuskan menghimpun iuran untuk membiayai perbaikan jalan.

Berdasarkan pantauan, infrastruktur jalan yang menjadi target perbaikan melalui pola swadaya itu berlokasi di Kampung Cibarengkok. Selama ini jalan yang kondisinya berupa tanjakan tersebut merupakan akses utama penunjang aktifitas perekonomian warga setempat.

Sudah bertahun-tahun lintasan berstatus jalan kabupaten itu kondisinya sangat memprihatinkan. Jalan sepanjang kurang lebih 50 meter ini hampir seluruhnya tidak lagi dilapisi aspal. Melainkan hanya hamparan permukaan tanah yang cenderung terjaln untuk dilalui jika dalam situasi hujan.

Ajid (45) salah seorang warga mengaku upaya pengajuan perbaikan sudah berulang kali disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, namun hingga kini tidak pernah mendapatkan respon. “Warga tidak pernah mengetahui alasan pemda yang sepertinya tidak berniat untuk melakukan perbaikan pada jalan ini,” ungkapnya.

Karena kondisi kerusakannya kian parah, warga akhirnya berinisiatif untuk melakukan iuran guna membiayai proses perbaikin jalan. Disebutkan Ajid, langkah penggalangan dana tersebut merupakan kali kedua yang digagas warga sekitar. Pada iuran pertama, dana yang yang terkumpul digunakan untuk membiayai perbaikan jalan yang sama sepanjang 200 meter.

“Keseluruhan panjang jalan yang rusak mencapai 250 meter. Tapi pada iuran sebelumnya sudah digunakan untuk memperbaiki lintadan sepanjang 200 meter. Sementara iuaran saat ini diproyeksikan untuk memperbaiki sisa jalan rusak,” ujar Nanang, warga Cibarengkok lainnya. (Ruslan Abdul Ghani)