Waspada Angin Kencang, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Bandung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat terkait angin kencang yang melanda wilayah Indonesia dalam tujuh hari ke depan.

Prakirawan Cuaca BMKG Bandung Yuni Yulianti menjelaskan, angin kencang yang melanda Indonesia merupakan imbas dari dua siklon yang kini berpusar di wilayah Filipina.

“Terdapat dua siklon tropis yakni Taifun Neoguri di sekitar perairan utara Filipina dan Taifun Bailu di samudera pasifik sebelah timur Filipina,” ungkapnya saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (21/10/2019).

Menurut catatan BMKG, imbas dari dua siklon tropis ini menyebabkan kecepatan angin di wilayah Jawa Barat (Jabar) mencapai 17 knot atau setara 31,4 kilometer per jam.

Dengan demikian, Yuni mengimbau warga Jabar untuk mewaspadai fenomena cuaca yang menandai peralihan musim di wilayah Indonesia tersebut.

“Kami berikan peringatan dini, waspadai kecepatan angin di sekitar wilayah Jawa Barat, termasuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Ini juga berpengaruh pada ketinggian gelombang, terutama perairan di sebelah selatan Jawa Barat,” tandas Yuni. (Red)