Amukan Angin Puting Beliung di Cibeber, Empat Rumah dan Pesantren Roboh

Kabupaten Cianjur – Sebanyak empat rumah warga dan sejumlah pasilitas lainnya di Kampung Cihaur, Desa Cihaur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur rusak akibat diterjang angin puting beliung, Rabu (12/2/2020) sore. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun, bencana angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 hingga 15.45 WIB. Selain rumah warga rusak, sejumlah pohon tumbang dan menimpa beberapa bangunan didekatnya.

“Kejadiannya tadi sore, informasinya tidak ada korban jiwa, hanya bangunan rusak,” kata Sekertaris Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhammad Irfan Sopyan.

Saat ini lanjut dia, sejumlah Relawan Tangguh Bencana (RETANA) dan beberapa anggota BPBD Kabupaten Cianjur sudah diturunkan ke lokasi bencana untuk melakukan penganan dan pendataan.

“Untuk sementara saat ini ada empat rumah warga yang rusak akibat tertimba pohon tumbang. Selain rumah warga benerapa bangungan seperti Musola dan ruang kelas Pondok pensantren rusak,” katanya.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah melakukan assesment atas bencana tersebut. Selanjutnya, akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pengkasan pohon yang rawan roboh.

Pihaknya mengimbau, warga diharapkan untuk selalu meningkatkan rasa kewaspadaan saat terjadi hujan angin atau sedang berada di lokasi rawan longsor.

“Untuk meminimalisir korban setiap desa diseluruh wilayah Cianjur telah ditempatkan sebanyak lima orang anggota RETAN untuk cepat tanggap saat terjadi bencana dan melapor ke BPBD,” pungkasnya. ***