Antisipasi Corona, Disdik Cianjur Liburkan Sekolah Dua Pekan

Kabupaten Cianjur – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, resmi meliburkan siswa sebagai bentuk pencegahan merebaknya Covid-19. Teknisnya, para pelajar bisa belajar di rumah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Oting Zaenal Muttaqien mengatakan penting meliburkan sekolah mengingat saat ini virus corona sudah menjangkit warga Indonesia. Libur akan diberlakukan mulai Senin (16/3/2020) hingga dua pekan ke depan.

“Kami harus melindungi siswa. Bagi kami, kesehatan anak-anak lebih penting. Meliburkan bukan berarti tak ada aktivitas. Siswa masih berkegiatan belajar mengajar, hanya saja dipindahkan ke masing-masing rumah,” kata Oting kepada wartawan, Minggu (15/3/2020).

Menurut Oting, memindahkan proses KBM dari setiap sekolah ke masing-masing rumah setiap siswa didasari pertimbangan dalam konteks mengantisipasi. Apalagi Cianjur merupakan daerah perlintasan yang tentunya cukup banyak disinggahi lalu-lalang warga dari luar daerah.

“Tapi untuk para guru tidak ada libur. Mereka tetap memantau aktivitas belajar siswa,” tegas Oting.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur melarang sekolah melaksanakan karya wisata siswa ke luar daerah. Kebijakan itu sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus korona.

“Ini dalam rangka antisipasi penyebaran korona,” ujar Oting.

Oting memandang perlu adanya larangan karya wisata tersebut karena dalam waktu dekat akan memasuki masa liburan sekolah. Biasanya, saat liburan tak sedikit sekolah yang mengagendakan karya wisata ke tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Kami khawatir saja karena tempat-tempat yang nanti dituju siswa dari sekolah-sekolah di Cianjur pasti banyak juga dikunjungi wisatawan. Bahkan tak menutup kemungkinan ada wisatawan luar negeri dari negara-negara yang sudah terjangkit virus korona. Imbauan ini kami berlakukan dari mulai TK, SD, dan SMP,” tutur Oting.

Kalaupun mau berkarya wisata, Oting menyarankan lebih baik mengunjungi tempat-tempat wisata di seputaran Cianjur. Menurut Oting, tak sedikit tempat wisata di Kabupaten Cianjur mengandung unsur-unsur edukasi bagi para pelajar.

“Lebih bagus lagi karya wisata diganti dengan hal-hal yang lebih positif di rumah,” pungkasnya. ***