Dua Pekan, 26 Pelaku Curanmor di Ringkus Aparat

Kabupaten Cianjur – Kurun waktu dua pecan, Satuan Resort Kriminal (Sat Reskrim) Polres Cianjur, berhasil menangkap 26 pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dari empat sindikat di wilayah hukum Cianjur.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan 36 unit kendaraan roda dua dan satu unit roda empat jenis pick up, 12 kunci leter T, senjata tajam jenis golok dan samurai, plat nomor kendaraan palsu, serta belasan kunci duplikat dan STNK.

Kapolres Cianjur AKBP Andi Juang Prianto menjelaskan, penangkapan terhadap 26 pelaku curanmor tersebut, berdasarkan hasil operasi khusus dan berdasarkan 16 laporan Polisi dari lima Polsek di Cianjur.

Dalam aksinya, terang kapolres, para pelaku menggunakan kunci leter T untuk mengambil kendaraan korban di area parkir maupun di halaman rumah. Sedangkan untuk modus curas, mereka mengintai korban di tempat sepi, dengan menodongkan senjata tajam kepada korban dan membawa kabur hasil kejahatannya.

“Modus para pelaku dengan mengintai motor korban yang berada di area parkir pertokoan maupun halaman rumah. Cukup dengan menggunakan leter T dalam waktu tiga menit para pelaku langsung membawa kabur hasil curiannya. Untuk pelaku curas sendiri, mereka mengintai korban ditempat sepi dengan mengancam menggunakan senjata tajam untuk mengambil kendaraan korbannya,” Kata kapolres di Mapolres Cianjur, saat melakukan konperensi pers, Selasa (21/01/2020).

Dari jumlah pelaku yang ditangkap, enam di antaranya residivis, dan empat sudah langganan keluar masuk penjara. “Bahkan salah seorang pelaku bernama Codet tercatat sudah tiga kali masuk penjara dengan 18 TKP. Terpaksa dihadiahi timah panas oleh anggota karena berusaha melarikan diri saat akan ditangkap di tempat persembunyiannya,” ujarnya.

Kini para pelaku ditahan di Mapolres Cianjur. Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 dan 365 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara 5 tahun sampai 15 tahun. ***