Karang Taruna Kabupaten Cianjur Gelar Raker Kepengurusan

Kabupaten Cianjur – Karang Taruna Kabupaten Cianjur menggelar rapat kerja pengurus tingkat kabupaten dan kecamatan, Kamis (9/1/2020). Kegiatan tersebut digelar untuk merumuskan berbagai program semua bidang setahun ke depan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Mudrikah, mengatakan kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Cianjur terdapat 12 bidang. Penting adanya pembahasan berbagai program semua bidang agar Karang Taruna berjalan sesuai porsi dan koridor.

“Jargon kami (Karang Taruna) itu maju dan bisa. Kami memiliki kepengurusan dan anggota yang memiliki jiwa kuat dan mandiri,” kata Mudrikah.

Sebagai organisasi kesetiakawanan sosial pelat merah, tegas Mudrikah, secara fungsional Karang Taruna berada di bawah koordinasi Dinas Sosial. Karena itu, sebagai mitra, Karang Taruna siap menjadi mitra kontributif bagi pemerintah.

“Karang Taruna itu ibarat seorang anak yang harus bisa membanggakan orangtuanya (pemerintah),” jelasnya.

Kontribusi solutif tak hanya bagi pemerintahan di tingkat kabupaten saja. Mudrikah mengatakan ke depan sudah direncanakan akan mengagendakan assesmen hingga ke pemerintahan tingkat desa sebagai bagian inovasi dan edukasi.

“Kita bersama-sama menggali potensi-potensi di desa-desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Bayu Eka Prayoga, menambahkan rapat kerja merupakan bagian penguatan tata keorganisasian. Tujuannya, mewujudkan Karang Taruna yang maju dan bisa.

“Jadi, raker ini merupakan forum konsultasi, koordinasi, dan evaluasi tentang berbagai pelaksanaan program dan pengembangan organisasi. Di samping itu, tentunya menjadi manifestasi pengelolaan aspirasi para pengurus,” jelas Bayu yang juga ketua panitia kegiatan.

Ada tiga fokus pembahasan pada raker, yakni penyusunan rencana kerja organisasi untuk satu tahun ke depan secara terpadu, terarah, dan konkret sesuai dengan kebutuhan yang realistis serta membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan keorganiasasian dan peraturan organisasi.

“Ini penting sebagai bentuk perencanaan keorganisasian dengan baik dan langkah-langkah strategis,” jelas Bayu.

Peserta raker terdiri dari 61 pengurus Karang Taruna Kabupaten Cianjur dan 32 perwakilan Karang Taruna kecamatan.

Giat Rapat Kerja Karang Taruna Kabupaten Cianjur dihadiri juga para senior yang merupakan penggagas dan pendiri organisasi. Kehadiran para senior Karang Taruna itu memberikan semangat dan motivasi bagi para pengurus Karang Taruna Kabupaten Cianjur.

“Kami mengapresiasi kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Cianjur yang mereunikan para senior-senior. Ini baru pertama kali ada reuni senior-senior Karang Taruna,” kata Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Cianjur, Sumitra. ***