Longsor Tebing, Jalan Menuju Cianjur Selatan Kembali Lumpuh

Kabupaten Cianjur – Hujan deras yang mengguyur Cianjur khususnya kawasan Kecamatan Cibeber, mengakibatkan Jalan Raya Cianjur menuju Cianjur selatan kembali tertutup longsor, Kamis (19/3/2020). Beruntung, tidak ada korban jiwa atau pun menimpa kendaraan yang melintas dalam kejadian tersebut.

Informasi yang dihimpun, longsoran tanah terjadi sekitar pukul 17.30 WIB, di Kampung Sarogol, Desa Salagedang, Kecamatan Cibeber, disaat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Saat kejadian, beberapa warga yang sempat melihat longsor dari jarak dekat berlarian karena longsor susulan terjadi.

Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan, membenarkan bahwa longsor di Kampung Sarogol, kembali terjadi yang sebelumnya terjadi pada Rabu (4/3/2020) lalu. “Longsor menutupi jalan sepanjang 12 meter dan lebar empat meter. Saat ini tim BPBD, Retana, PUPR Cianjur, dibantu PU Provinsi Jawa Barat (Jabar) masih melakukan penanganan material longsor,” kata dia saat dihubungi melalui telepon selular, Kamis (19/3/2020).

Irfan menjelaskan, dua alat berat diturunkan untuk mrmbersihkan material longsor dan dua unit dumtruck untuk mengangkut material tanah. “Satu Unit Ekskavator dan satu Lauder sudah dilokasi longsor agar jalur bisa cepat dilalui. Namun, kami juga mengantisipasi adanya longsor susulan karena intensitas hujan saat ini masih tinggi. Karena lokasi saat ini sudah beberapa kali mengalami longsor,” ujarnya.

Irfan mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Propinsi Jawa Barat, agar segera memasang tembok penahan tanah dan jaringan penahan tanah dilokasi sepanjang tebing.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih menyingkirkan longsoran tanah yang menutupi bahu jalan sepanjang 12 meter dan lebar empat meter. Bahkan, kendaraan dari kedua arah masih tidak bisa melintas. ***