Puluhan Wartawan Cianjur Ikuti OKK PWI

Kabupaten Cianjur – Sebanyak 55 peserta dari berbagai media baik cetak, online maupun elektronik di Kabupaten Cianjur, mengikuti kegiatan Orientasi Kewartawan dan Keorganisasian (OKK), di Kantor PWI Cabang Cianjur, jalan Siliwangi no 34 A, Cianjur.

Ketua panitia OKK PWI Cianjur, Angga Purwanda menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka memberikan bimbingan tentang jurnalistik untuk meningkatkan profesionalisme dan persyaratan bagi wartawan yang ingin bergabung menjadi anggota PWI.

“Saya ucapakan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan wartawan yang ingin mengikuti kegiatan orientasi ini. Semoga bisa mengikuti kegiatan dengan lancar,” kata dia, Jumat, (29/11/2019).

Jelas dia, wartawan wajib menerapkan Kode Etik Jurnalis (KEJ), Undang-undang nomor 40 tahun 1999 Tentang Pers, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) dan Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) khusus media online.

“Semoga kedepannya rekan-rekan yang mengikuti orientasi, dapat lebih memahami tentang kegiatan jurnalistik, dan menjadi wartawan yang berkualitas dan kompeten,” ucapnya

Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Mochammad Ihsan mengatakan, kegiatan OKK tersebut merupakan yang pertama kali digelar pihak PWI Kabupaten Cianjur. Selain itu juga, kegiatan tersebut juga sebagai sarana untuk memfilter para jurnalis menjadi anggota PWI.

“Persyaratan dalam kegiatan OKK ini pun para peserta diharuskan melampirkan media yang telah berbadan hukum, atau media yang sudah berbentuk PT, peraturan tersebut guna meminimalisir wartawan ataupun media yang tidak jelas badan hukumnya,” ucapnya

Dia mengatakan, meskipun dari sebanyak 55 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, masih ada beberapa yang belum dapat melampir persyaratan itu. Namun pihaknya memberikan waktu selama tujuh hari.

“Apabila peserta itu tidak bisa melampirkan persyaratan tersebut maka wartawan tersebut tidak bisa menjadi sebagai anggota PWI,” pungkasnya. (Ricky)