Tanamkan Kedisiplinan, Ratusan Pocil se Cianjur Ikut Lomba Baris Berbaris

Kabupaten Cianjur – Ratusan anak dari setiap kecamatan di Kabupaten Cianjur, mengikuti perlombaan polisi cilik (Pocil) tingkat kabupaten di Mapolres Cianjur, Senin (13/1/2020). Tak hanya menanamkan kedisiplinan, pembinaan polisi cilik dilakukan untuk mencegah masuknya paham menyimpang pada generasi muda Cianjur.

Mereka yang ikut dalam perlombaan ini merupakan hasil seleksi di tingkat kecamatan. Sebab mereka adalah polisi-polisi cilik terbaik yang diambil dari program pembinaan polisi cilik tingkat desa.

Berdasarkan pantauan, meski masih anak-anak, gerakan mereka dalam baris-berbaris mengundang kekaguman dari penonton. Bahkan ada juga gerakan – gerakan unik yang menghasilkan tawa, termasuk bagi para anggota Polres Cianjur yang hadir.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto, menjelaskan, perlombaaan pocil digelar sebagai evaluasi hasil pembinaan di setiap kecamatan di Kabupaten Cianjur.

Menurut dia, ada 32 kelompok dari masing-masing kecamatan yang ikut serta. Dari setiap kelompok itu terdiri dari 30 anak, sehingga jika ditetapkan ada sebanyak 960 anak yang terlibat dalam perlombaan pocil.

“Melalui perlombaan ini kami ingin lihat, target pembinaan pada adik-adik kita tentang kedisiplinan, kerjakeras, hingga sifat pantang menyerah pada anak-anak tersebut sudah sejauh mana,” kata Juang di Mapolres Cianjur, Senin (13/1/2020).

Pengembangan pembentukan dan pembinaan polisi cilik hingga ke tingkat desa pun dilakukan, agar pembentukan karakter anak bisa bisa lebih menyebar ke setiap wilayah.

Dengan pembinaan yang intens pun diharapkan anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa itu terhindar dari paham-paham yang negatif.

“Pada intinya kita membentuk karakter anak supaya tidak lembek dan terhindar dari paham yang negatif,” tutur Juang. ***