Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Otonomi > Parlemen > DPRD Kecewa Pengerjaan Proyek Pasar Pelita Lamban

DPRD Kecewa Pengerjaan Proyek Pasar Pelita Lamban

Masaginews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi kecewa dengan pengerjaan proyek pembangunan Pasar Pelita yang dikarenakan pelaksanaannya lamban.

“Sudah enam bulan berjalan kerjasama dengan pihak ketiga yang baru yakni PT Fortunindo untuk pembangunan Pasar Pelita, tetapi progesnya hingga saat ini baru 12 persen,” kata Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi kepada masaginews.com, Rabu.

Ia sangat menyayangkan progesnya sangat lambat, karena yang menunggu pasar ini kembali beroperasi bukan hanya pedagang tetapi masyarakat.

Dirinya pun melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke lapangan bahkan mengajak media juga kesana.
Saat menanyakan apa yang menjadi penyebab utamanya terkendalanya pembangunan ini, pihak pengusaha kesulitan memasukan alat berat.

Ini dikarenakan akses jalan menuju lokasi telah dibangun kios-kios. Saat pihaknya mengkonfirmasikan hal tersebut kepada Pemkot Sukabumi, rupanya para pedagang enggan direlokasi.

Lalu pedagang sempat diundang pemkot untuk membahas tentang hal ini, barulah setelah itu alat berat mulai masuk dan pengerjaan bisa dilanjutkan.

“Sebenarnya proyek selama dua tahun tersebut stag bukan mangkrak, karena proyek ini anggarannya bukan dari pemerintah, tapi menggunakan sistem Build Operate and Transfer (BOT) sehingga biayanya dari pihak ketiga,” tambahnya.

Yunus mengatakan pembangunan Pasar Pelita menjadi terkatung-katung karena pemegang proyek sebelum PT Fortunindo yakni PT Anugerah Kencana Abadi (AKA) tidak bisa melakukan pembangunan sehingga molor hingga dua tahun.

Bahkan, investasi ini pun berujung petaka, di mana miliaran rupiah uang muka dari puluhan pedagang untuk pembelian kios digelapkan oleh direksi PT AKA yakni Irwan yang saat ini tengah menjalani tahanan. (Januari Wahyuni)

REKOMENDASI:

Tahun ini, Pemudik Arah Sukabumi Bisa Melalui Tol Masaginews.com - Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi mengapresiasi pemerintah pusat yang menginstruksikan difungsikannya Jalan Tol Bocimi sesi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15 km untuk mengurangi kemacetan. Menje...
Soal LPJ Bupati, Pembahasan Komisi Dideadline Satu Minggu Masaginews.com - Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi memberikan deadline selama satu minggu kepada setiap komisi untuk melakukan pembahasan dengan mitra kerjanya terkait laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati S...
Yunus: Salah, Jika Pasar Pelita Bukan Janji Politik Walikota Masaginews.com - Pernyataan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz perihal pembangunan Pasar Pelita tidak masuk dalam janji politiknya, ditanggapi serius Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi. Politisi Partai Golkar ini bahka...
Legislator Fraksi PKS Sambangi Korban Kebakaran di Cikembar Kabupaten Sukabumi - Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi M Sodikin dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sambangi korban kebakaran di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Kedatan...
Pemda Minim Inovasi, HUT Kota Sukabumi Berlangsung Lesu Masaginews.com – Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Sukabumi yang ke 104 pada 1 April lalu mendapat kritikan pedas dari seorang  anggota DPRD Kota Sukabumi karena dinilai hanya dinikmati oleh sebagian kalangan. "HUT Kota ...