Harga Bawang Melejit Membuat Pedagang Menjerit

Kabupaten Sukabumi – Memasuki pekan kedua di bulan Maret ini, beberapa komoditas mengalami kenaikan harga di Pasar Semi Modern Palabuhanratu. Diantaranya yang paling mengalami kenaikan tajam adalah harga bawang.

Jika sebelumnya bawang merah dijual dengan harga Rp26 ribu perkilogramnya, kini harganya melambung hingga Rp32 ribu. Sementara bawang putih yang sebelumnya dibanderol Rp22 ribu kini menjadi Rp24 ribu perkilogramnya.

Hal itu dipaparkan oleh Pencatat Harga UPTD Pasar Semi Modern Palabuhanratu, Maulana yang ditemui Masaginews.com pada Selasa (12/03) siang.

“Selain bawang merah dan putih, komoditas lain yang mengalami kenaikan adalah cabe jenis rawit. Tidak terlalu tinggi memang jika dibandingkan harga bawang, cabe rawit sebelumnya Rp10 ribu perkilogram kini menjadi Rp12 ribu,” jelasnya.

Kenaikan harga tersebut menurutnya diduga karena para petani bawang yang mengalami gagal panen hingga persediaan stok di pasar menipis.

Akibatnya sejumlah pedagang mengeluhkan kondisi ini karena membuat daya beli masyarakat menurun drastis. Rifki (22), misalnya sejak kenaikan harga ini sangat mempengaruhi pendapatannya.

“Pembeli jadi berkurang, jika biasanya belinya kiloan kali ini belinya paling hanya seperempat. Keuntungan yang saya dapat jadi lebih sedikit dari biasanya,” pungkasnya.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni