Harga Cabai di Pasar Palabuhanratu Semakin ‘Pedas’

Kabupaten Sukabumi – Memasuki pekan kedua di bulan Maret, harga cabai di Pasar Semi Modern Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi mengalami kenaikan yang cukup drastis. Hal ini katakan oleh Pencatat Harga UPTD Pasar Palabuhanratu, Maulana kepada Masaginews.com pada Kamis (14/03).

Ia mengatakan hampir semua jenis cabai mengalami kenaikan harga. Cabai merah keriting yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp15 ribu perkilogramnya kini naik menjadi Rp20 ribu. Sedangkan cabai merah besar yang semula dijual Rp20 ribu perkilogramnya kini menjadi Rp25 ribu.

Cabai rawit merah yang semula Rp30 ribu perkilogramnya kini menjadi Rp35 ribu. Sementara kenaikan paling tinggi terjadi pada cabai rawit hijau yang naik menjadi Rp20 ribu dari harga sebelumnya yang hanya Rp13 ribu perkilogramnya.

“Kenaikan harga cabai dipicu pasokan barang yang mulai berkurang dan susah didapat. Petani tidak menanam lagi,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga mengatakan jelang bulan Ramadhan yang tinggal beberapa bulan lagi ini juga mempengaruhi kenaikan beberapa komoditas.

“Jelang bulan puasa sudah ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, kami dari unit pasar terus melakukan pantauan harga dan pasokan barang. Tidak di Palabuhanratu saja, di daerah lain di Sukabumi juga sudah mulai naik harganya,” tandasnya.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni