Penjual Tanaman Hias di Jalan Pasundan Tergerus Keberadaan Bangunan Kios

Masaginews.com – Beberapa tahun lalu di Jalan Pasundan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi masih banyak penjual tanaman hias di kawasan itu.

Namun, kini pedagang tanaman hias tersebut tak nampak lagi karena direlokasi ke tempat lain. Hanya ada satu-satunya kios tanaman hias milik Nining Yuningsih (31) yang masih bertahan.

Ia mengatakan sejak dibangunnya kios di sepanjang Jalan Pasundan dirinya terus mengalami penurunan omset secara drastis.

Jika sebelumnya dalam sehari dapat meraup penghasilan mencapai Rp2 juta dalam sehari, kini ia hanya mendapat Rp200 ribu hingga Rp300 ribu sehari.

“Pendapatan menjual bunga hias segar turun drastis, kemungkinan besar pelanggan kita taunya penjual tanaman hias sudah tidak ada lagi di sini karena direlokasi ke daerah Jalur Lingkar Selatan,” ungkapnya kepada masaginews.com.

Saat ini tanaman yang masih menjadi primadona yakni anggrek dan beberapa jenis bonsai.

Ia sengaja mendatangkannya dari daerah Puncak, Bogor dan Bandung, namun sayangnya banyak tanaman yang layu dan mati.  “Tanaman yang paling mahal ada beberapa seperti anggrek dan bonsai, tapi peminatnya menurun,” tambahnya.

Nining menjelaskan bunga yang paling mahal dijual di kiosnya tersebut adalah jenis tanaman sikas yang harganya mencapai Rp1,5 juta.

Namun dirinya, tidak mau menyetok barang dalam jumlah besar khawatir mati, layu atau dicuri yang akhirnya malah menjadi rugi. (Ari Wahyuni)