Rest Area Cikiara Cisolok Suguhkan Pesona Alam Eksotik

Kabupaten Sukabumi – Keindahan alam terbentang sepanjang perjalanan dari Palabuhanratu menuju Cicadas. Sebelum memasuki Kampung Pasirtalaga, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, pengunjung akan melewati  “rest area” Cikiara.

Selain sebagai sarana rest area, Cikiara ini di tata menjadi obyek wisata yang menyuguhkan keindahan panorama alam yang masih asri.

“Dalam beberapa waktu terakhir ini, kami kelompok swadaya masyarakat berusaha menata Cikiara ini menjadi tempat yang asri “pikabetaheun” (bikin betah) pengunjung,” ujar Ketua Paguyuban Masyarakat Peduli Lingkungan Cicadas, Saepillah (36) mengawali pembicaraan saat Masaginews.com berkunjung beberapa waktu lalu.

Dirinya didukung pengurus dan anggota, berusaha menyulap hutan damar yang sebelumnya ditumbuhi semak belukar kini menjadi bersih nyaman disinggahi.

“Beberapa bulan ini kami secara swadaya bergotong royong menata dengan membersihkan rumput liar disekitar hutan dan sepanjang jalan raya, sedangkan ratusan pohon damar itu kami rawat untuk menjaga keasrian lingkungan,” jelasnya sambil menyuguhkan kelapa muda dibawah rindangnya pohon damar.

Ketika berada di bundaran Cikiara, pesona alam terlihat sejauh mata memandang, disebelah barat tampak jelas lembah Cicadas terbentang hijau ditumbuhi pohon pinus, sedangkan disisi timur tak kalah menarik untaian pohon damar berjejer rapi terlihat dari kejauhan, sungguh pesona eksotik yang bisa dinikmati sepanjang hari.

Potensi alam diwilayah kasepuhan Banten Kidul ini terkenal subur, didukung hasil karya dan kreasi warga yang inotavif memotivasi paguyuban yang dipimpinya untuk terus mengembangkan obyek wisata baru ini menjadi sentra cendera mata dan oleh-oleh yang berbeda dari daerah lain.

“Kedepan kami menyediakan kios yang menjual gula, gelang khas Banten Kidul. Konyen dan iket. Disini pun hanya menyediakan minuman dan makanan khas tradisional semacam kukus umbi-umbian hasil panen warga setempat. Tidak menyediakan makanan dan minuman produksi pabrik,” kata tokoh pemuda itu. (Red)