Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Otonomi > Harga Beras Masih Terkendali, Pemda Tetap Lakukan Pemantauan

Harga Beras Masih Terkendali, Pemda Tetap Lakukan Pemantauan

Masaginews.com – Bulan ramdhan tinggal menghitung hari, meski demikian harga beras di sejumlah pasar tradisional Kota maupun Kabupaten Sukabumi masih terbilang stabil. Diperkirakan kenaikan harga akan terjadi sepekan sebelum pelaksanaan puasa.

Berdasarkan pantauan Masaginews.com, untuk harga beras kualitas biasa hingga kini dibanderol kisaran Rp9500 per Kilogram. Begitu juga untuk beras kwalitas sedang masih bertengger di angka Rp10 ribu per Kilogram.

Sementara beras kwalitas super Sukabumi untuk setiap kilogram sebesar Rp10.500. Harga tersebut terpaut tipis dengan harga beras Cianjur yang mencapai Rp11 Ribu per Kilogram.

“Belum ada kenaikan yang signifikan sekarang ini, biasanya memang siklus kenaikannya baru mulai seminggu atau beberapa hari menjelang puasa,” jelas Andri (30) pemilik kios beras yang berada di Pasar Lettu Bakri, Kota Sukabumi.

Kondisi yang sama juga terjadi di pasar-pasar tradisional yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Harga beras berada pada titik yang stabil. Meski terjadi kenaikan, namun jumlahnya tidak melonjak drastis.

Kepala Seksi Kepala Seksi Pengawasan Distribusi, Tertib Niaga, dan Pemberdayaan Konsumen pada Disdagkop UKM Kabupaten Sukabumi R Iwan Wirawan mengaku sejauh ini harga bahan pokok di pasaran masih sangat terkendali.

Diperkirakan kenaikan harga akan terjadi beberapa hari menjelang pelaksanaan ibadah puasa. “Lumrah setiap tahunnya kenaikan harga bahan pokok terjadi saat mendekati puasa. Sejak satu bulan terakhir ini kami telah melakukan pemantauan secara khusus untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga yang tidak normal,” jelas Iwan kepada Masaginews.com.

Langkah yang bakal ditempuh pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi untuk mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok yang tidak terkendala, adalah berupa operasi pasar murah atau OPM. (Ari Wahyuni)

REKOMENDASI:

AHY : Saya Tidak Pernah Lelah Untuk Bertemu Masyarakat Reportase  :  Budi Setiawan Masaginews.com - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke Kota Sukabumi, Rabu (21/3). Kedatangan putra sulung Preside...
Inilah Pidato Terbuka Heri Gunawan Dalam Kampanye Dermawan Masaginews.com - Kampanye terbuka pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Sukabumi dari koalisi Gerindra - Hanura Dedi R Wijaya - Hikmat Nuristiawan yang berlangsung di Jalan Lingkar Selatan, Terusan Ciandam, Ko...
KPU Jamin Hak Pilih 574 Penyandang Cacat di Kota Sukabumi Masaginews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi berkomitmen menjadikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Walikota dan Wakil Wali Kota serta Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur ramah pemilih penyandang...
Tahun Depan, IPB Sukabumi Sudah Beroperasi Masaginews.com- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan pembangunan gedung baru Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi selesai Desember tahun ini. Sehingga pada 2019 mendatang sudah bi...
SBY akan Dihibur Boles dan Tarian Tradisional Masaginews.com - Persiapan jelang kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono terus dilakukan jajaran pengurus partai berlambang mercys Kota Sukabumi. Pantauan Masaginews.com, Minggu (25/03), Gedung...