Satgab Siaga Bantu Kendaraan Tak Kuat di Tanjakan Dini Sukabumi

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Para pengendara roda empat dan dua yang akan menuju Geopark Ciletuh, jangan khawatir tak kuat di Tanjakan Dini, karena Satuan Gabungan (Satgab) dari TNI-Polri, Satpol PP Kabupaten Sukabumi, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, siap siaga di sepanjang tanjakan untuk membantu.

Kanit Laka Lantas Polres Sukabumi Iptu Nandang Herawan mengatakan, pihaknya melakukan hal tersebut untuk mengantisipasi kendaraan yang tidak kuat menanjak baik roda dua maupun roda empat.

“Kami siap siaga, anggota semua standby di tanjakan, jadi apabila ada kendaraan yang tidak kuat menanjak kami langsung sigap melakukan pertolongan supaya tidak terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Selain di Tanjakan Dini, dilokasi berbeda pihaknya juga melakukan hal serupa, yaitu siap siaga berjejer di sepanjang tanjakan seperti di Leter S Kecamatan Cikidang.

Pihaknya juga mengimbau, agar pengendara benar-benar memastikan keaiapan fisik badan serta kendaraannya saat memasuki jalur Geopark Ciletuh, yang memiliki tikungan tajam dan tanjakan serta turunan yang curam serta berkelok-kelok.

“Kami juga mengimbau kepada pengendara sebelum memasuki jalur Geopark yang memiliki banyak tikungan tajam dan tanjakan yang cukup ekstrem serta berkelok, untuk memeriksa keadaan kendaraan serta mengecek kesiapan fisik badan pengemudi,” ujarnya.

Berita sebelumnya, tak sedikit pengendara roda empat yang melintas di Tanjakan Dini yang akan menuju Wisata Geopark Ciletuh tak kuat naik. Sehingga sejumlah petugas harus membantu mendorong kendaraan hingga naik. Karena jalur menuju Geopark memiliki tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem. (Ricky)