Bareskrim Polri Berhasil Selamatkan 1,6 Juta Jiwa dari Ancaman Narkoba

Sukabumi Kota – Polri berhasil menyelamatkan sekitar 1.680.000 jiwa dari ancaman narkoba setelah Bareskrim menggagalkan peredaran narkoba jaringan internasional di Wilayah Sukabumi.

Sebanyak 402,3 Kilogram Narkoba jenis sabu yang yang berhasil diamankan Tim Satgassus dan mengamankan 6 orang pelaku di kawasan perumahan elit Taman Anggrek, Jalan Miltonia D7 Nomor 12, RT01/25 Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah kemarin sore dari Tim Satgassus kita berhasil mengamankan pelaku dan mendapatkan sabu-sabu sebesar 402 kg,” kata Kabareskrim Mabes Polri Komisaris Jendral Polisi (Komjen Pol) Listyo Sigit Probowo, dalam konferensi pers di TKP penangkapan, di perumahan elit Taman Anggrek, Jalan Miltonia D7 Nomor 12, RT01/25 Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Pihaknya berterimakasih kepada tim yang sudah menangkap para pelaku tersebut. “Dengan kecermatan rekan-rekan kita mereka lebih dulu kita tangkap, kalau ini tidak tertangkap akan tersebar ke masarakat, karena 1 kg Narkoba ini bisa meracuni 4000 orang, jika kita kalikan 402 kg dengan penangkapan ini kita menyelamatan 1.680.000 jiwa. Sementara, apabila kita rupiahkan 1 kg nya dengan harga Rp 1 Miliar, maka total nya Rp 480 Miliar,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pengungkapan ratusan kilogram narkoba tersebut merupakan hasil dari pengembangan kasus sebelumnya diwilayah Banten.

Dalam pengungkapkan tersebut lanjut dia, sebanyak 6 orang pelaku Warga Negara Indonesia (WNA) diamankan. Dari ke 6 orang itu tiga orang diantaranya ABK, 2 pengatur pejalanan dijalan, dan seorang menyiapkan rumah.

“Para pelaku menyelundupakan narkoba melalui jalur laur disekitar wilayah Pelabuhanratu Sukabumi, dengan cara menyewa kapal nelayan, dan kemudian diselundupkan melalui jalur darat,” katanya.

Pasal yang dikenakan, kata dia, pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 tahun 2009 tentang Narkotika. ” Dengan ancaman hukuman seumur hidup dan hukuman mati,” pungkasnya. ***