Bolos Sekolah, Belasan Siswa di Cicurug Diamankan Polisi

Kabupaten Sukabumi – Sekitar 18 Siswa dari beberapa sekolah di Sukabumi diamankan jajaran Anggota Polres Sukabumi di Terminal Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Senin (30/9/2019).

Belasan siswa dari Menengah Keatas (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sukabumi, diamankan bukan karena tawuran, melainkan bolos sekolah lantaran niat pergi ke Jakarta untuk mengikuti aksi demo penolakan RKUHP dan RUU KPK.

Informasi yang berhasil dihimpun, belasan siswa tersebut hendak menuju ke Jakarta dengan menggunakan kendaraan umum (Bus). Namun, naas sebelum sampai ketempat tujuan, mereka terjaring penyekatan yang dilakukan oleh jajaran Polres Sukabumi.

“Tadinya kami berinisiatif ikut aksi demo ke Jakarta dengan teman-teman sekolahan lainnya,” ungkap salah satu siswa yang enggan disebutkan namanya.

Lanjutnya, mereka tidak masuk sekolah hari ini, karena ingin ikut aksi demo kejakarta.

Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi mengatakan, belasan siswa yang terkena razia penyekatan tersebut, untuk sementara diamankan, sebelum dijemput langsung oleh Kepala Sekolah dan perwakilan orang tua.

“Para pelajar supaya fokus belajar jangan sampai berangkat ke Jakarta, belajar dengan baik jangan sampai terkontaminasi dengan hal-hal yang dapat merugikan mereka. Kita bersama-sama jaga mereka agar tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang dapat merugikan mereka,” cetusnya.

Sementara itu, guna mencegah para pelajar melakukan aksi demo, pihak kepolisian melakukan pencegahan kendaraan di Palagan, Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Penyekatan dipimpin langsung oleh Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi. Sedikitnya 213 personil diturunkan dalam penyekatan tersebut.

Kapolres mengatakan, dirinya memerintahkan kepada seluruh anggota untuk tidak membawa senjata api, serta melakukan pemeriksaan secara humanis.

“Saya tekankan dan perintahkan tidak ada anggota yang membawa senjata api. Dalam pelaksanaan kegiatan setiap pemeriksaan harus dilakukan secara humanis dan tidak boleh ada kekerasaan dalam pemeriksaan,” tegas Nasriadi.

Lanjut dia, penyekatan dilakukan terhadap kendaraan yang melintasi jalan Bojongkokosan dan Terminal Cicurug yang menuju ke Jakarta, terutama kendaraan umum.

Selain operasi penyekatan, Kapolres Sukabumi juga telah memerintahkan para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas serta bersinergi dengan Danramil dan Bhabinsa menjadi Irup pada kegiatan upacara bendera di seluruh sekolah yang ada wilayah hukum Polres Sukabumi. (Herwanto)