Empat Warga Sukabumi Ditangkap Selundupkan 20 Kg Sabu-Sabu

Ilustrasi by Metro Cebu News

Kota Sukabumi – Empat orang warga Kota Sukabumi ditangkap petugas BNN. Mereka berupa menyelundupkan Sabu-sabu seberat 20 Kg ke wilayah Sukabumi.

Penangkapan empat pelaku dilakukan pada 9 Februari 2019 oleh petugas gabungan dari BNN Pusat, BNN Provinsi Jabar dan BNN Kabupaten Sukabumi. “Empat tersangka tersebut berinisial AG, LI, AJ dan GI. Dari tangan tersangka disita barang bukti sabu-sabu seberat 20 kg,” kata Kepala BNNP Jawa Barat, Sufyan Syarif saat konferensi pers, belum lama ini.

Para tersangka mempunyai peran masing-masing. Tersangka AG mendapat order dari J yang merupakan seorang tersangka yang ada di Lembaga Permasyarakatan Medaeng Surabaya.

Barang haram tersebut kemudian diambil di wilayah Dumai, Riau. Kemudian tersangka LI merupakan tangan kanan dari AG sebagai perekrut dan pengendali lapangan tersangka ini juga residivis pada kasus sabu-sabu di Sukabumi.

Sementara tersangka AJ dan GI merupakan sopir atau driver yang membawa kedua tersangka utama mengambil sabu-sabu dari Dumai dan membawanya ke wilayah Kota Sukabumi.

Petugas yang mencium adanya traksaksi tersebut langsung melakukan penyelidikan dan pengintaian selama dua minggu dan akhirnya melakukan penangkapan tersangka beserta barang buktinya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial mengatakan pihaknya hanya membantu proses penangkapan yang dilakukan BNN Pusat dan BNNP Jabar.

Dilansir dari Detik.com, saat ini BNN Jabar tengah memperdalam keterkaitan penyelundupan 20 kilogram sabu ke Sukabumi dengan kasus 9,54 kilogram sabu yang menjerat Zul ‘Zivilia’. Sebab, barang haram tersebut sama-sama asal Taiwan.

“Iya mungkin di atasnya satu jaringan (Taiwan). Tapi kita mesti kembangkan (penyelidikan) ke sana (ada atau tidaknya keterkaitan dengan kasus Zul ‘Zivilia’),” kata Kepala BNN Jabar Brigjen Sufyan Syarif di kantor BNN Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (11/3/2019). (Red)