Ini Penyebab Sering Terjadi Kecelakaan di Cisarakan Palabuhanratu Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Dalam dua bulan terakhir, sedikitnya telah tiga kali kejadian kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) di sepanjang tanjakan Cisarakan, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Kepala Unit Kecelakaan Satuan Lalu lintas Polres Sukabumi, Iptu Nandang Herawan, kejadian itu diakibatkan beberapa faktor terutama kelalaian pengemudinya.

“Pengemudi tidak mengindahkan rambu-rambu Lalu lintas, sebelum masuk ruas tanjakan baik dari arah Palabuhanratu maupun dari arah Buniwangi sudah dipasang rambu peringatan, kendaraan harus laik jalan dari berbagai aspek terutama rem harus dipastikan berfungsi,” tuturnya kepada Masaginews.com. Selasa (7/1/2020).

Selain rambu-rambu, pihaknya juga memasang papan peringatan, berupa spanduk dan banner, bahwa tanjakan itu hanya bisa dilalui kendaraan berukuran kecil seperti motor, mini bus dan pick-up.

“Selain kendaraan itu, dilarang melewati jalur ini tanjakan dan turunan panjang dengan kemiringan yang curam,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau, pengendara agar berhati-hati ketika melewati tanjakan tersebut. karena pada malam penerangan jalan terbatas hanya dari arah Palabuhanratu, sehingga visibity pengemudi tidak makimal.

“Penerangan jalan umum (PJU) belum semua dipasang disepanjang jalan ini, demikian juga Guardriil terpasang hanya sedikit di bagian atas saja,” tuturnya.

Siang tadi, lanjut Nandang, peristiwa kecelakaan kembali terjadi di tanjakan maut itu. Truk engkel saat melewati turunan, laju kendaraan tidak terkendali diduga rem tidak berfungsi lalu terguling.

Proses evakuasi pun sempat lelet terhadap engkel nopol F 8550 QL itu. Dari mulai pukul 12.00 WIB dengan menggunakan kendaraan derek hingga selesai sekitar pukul 14.45 WIB. Beru tung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Sebelumnya, dari catatan yang dihimpun, sebuah truk boks terguling di ruas jalan tersebut, Senin (2/12/2019) sekitar pukul 08.30 WIB. Disusul minibus yang ditumpangi beberapa penumpang mengalami hal serupa itu di tanjakan, pada Jumat (27/12/2019). ***