Jual Sedia Farmasi Omset Ratusan Juta, Dua Pelaku Dibekuk Polisi

Kabupaten Sukabumi – Dua pelaku penyalahgunaan narkoba dengan memperjual belikan sedia farmasi di Sukabumi ditangkap Satuan Narkoba Polres Sukabumi. Kini, keduanya diamankan di Mapolres Sukabumi berikut barang bukti.

Kedua pelaku tersebut, yakni berinisial M, warga Kampung/Desa Riseh, Kecamatan Sabang, Kabupaten Aceh Utara, di tangkap di Palabuhanratu sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa (17/9) lalu. Serta inisial MI, warga Dusun Lam Kuta Lama, Kelurahan Kuta Barat, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, ditangkap di Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/9) lalu.

“Tersangka M memperjual belikan obat sediaan farmasi yang mendapatkan keuntungan ratusan juta dari hasil penjualan,” ungkap Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, kepada awak media saat gelar perkara di Mapolres Sukabumi. Senin (23/9).

Dari tangan tersangka M, polisi berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) obat jenis Tramadol HCI dan Trihexyphenidyl, serta uang jutaan rupiah hasil penjualan.

“Tersangka sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan persyaratan keamanan, khasiat, atau kemanfaatan dan mutu tanpa milik ijin edar, tersangka mendapatkan obat tersebut dari daerah Tanggerang,” jelas Nasriadi.

Sementara, pelaku MI mendapatkan obat tersebut dari Mike yang masih dalam pengejaran polisi. Akibat ulahnya tersebut, kedua tersangka dikenakan pasal 196 dan Pasal 197, UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman pidana 10 dan 15 tahun penjara. (M Rizal Jalaludin)