Komplotan Pencurian Uang ATM Berhasil Ditangkap Polres Sukabumi Kota

Kota Sukabumi – Para pelaku pencurian uang melalui kartu ATM akhirnya tertangkap Polres Sukabumi Kota. Lima orang pelaku tersebut adalah M (35), J (38), ITW (42), H (42) dan NS(37) yang merupakan kelompok pencuri dari Lampung Selatan.

Aksi pencurian yang sempat meresahkan masyarakat ini bermula dengan modus mengganjal kartu ATM korban. Saat korban meminta bantuan, pelaku membantunya dengan mengganti kartu ATM lain.

Setelah itu pelaku melihat nomor pin yang digunakan korban dengan memegang kartu ATM asli milik korban. Lalu selanjutnya pencurian dilakukan pelaku dengan bertransaksi menggunakan mesin ATM lain.

Hingga kini polisi berhasil mengamankan sebanyak 74 kartu ATM dari berbagai bank, uang tunai sebesar Rp 1,9 juta, satu batang tusuk gigi, sebuah gunting besi, sebilah cutter dan satu pinset atau penjepit.

Dengan adanya pengungkapan kasus ini Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro mengimbau kepada masyarakat Kota Sukabumi untuk selalu berhati-hati saat bertransaksi menggunakan mesin ATM.

“Harap berhati-hati saat bertransaksi dengan mesin ATM, jika ada sesuatu yang mengganjal atau kartu tersangkut dan ada orang asing yang menawarkan bantuan jangan mudah percaya,” jelasnya.

Saat ini proses penyelidikan lebih lanjut masih dilakukan di Mapolres Sukabumi Kota. Atas tindakannya pelaku dijerat pasal 362 KUHPidana Pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara dan pasal 378 KUHPidana Penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Reporter: M. Rizky
Redaktur: Ari Wahyuni