Meresahkan, Polisi Gencar Gelar Razia Knalpot Bising di Sukabumi

SUKABUMI – Jajaran kepolisian Polres Sukabumi gencar melakukan razia knalpot bising setiap hari.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Riki FM mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan karena banyaknya keluhan warga terkait pemakaian knalpot bising pada kendaraan roda dua yang menggangu kenyamanan warga Kabupaten Sukabumi. Knalpot bising, kata dia, seharusnya digunakan sepeda motor di tempat balap bukan di jalan raya.

“Knalpot racing merupakan knalpot yang seharusnya digunakan oleh sepeda motor balap yang seyogyanya dilakukan di sirkuit, karena desibel suara knalpot racing sangat tinggi dan menimbulkan suara bising. Hal ini tentunya sangat mengganggu masyarakat,” ujarnya, Kamis (18/3/2021).

Pihaknya prihatin ketika melihat anak muda hari ini yang memakai knalpot bising di jalan raya. Padahal hal itu sudah jelas melanggar undang-undang (UU) lalu lintas.

“Mirisnya kaum muda justru terobsesi dengan sepeda motor balap tersebut dan mempraktekanya di jalan raya. Hal ini tentunya sudah melanggar UU tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan. Untuk itu, Satlantas Polres Sukabumi akan menindak secara tegas apabila menemukan kendaraan yang menggunakan knalpot tidak sesuai standar,” jelasnya.

Riki mengimbau kepada warga untuk tidak memakai knalpot bising pada sepeda motor yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari di jalan raya.

“Dengan menggunakan knalpot bising tersebut masyarakat akan rugi sendiri karena sudah mengeluarkan biaya untuk membeli dan akhirnya harus ditertibkan oleh pihak kepolisian dan akan dihancurkan,” terangnya.

Pihaknya menegaskan, bagi warga yang tetap kekeh menggunakan knalpot bising di jalan raya, maka harus siap di tilang, dicopot dan dimusnahkan.

“Jangan menggunakan knalpot yang dapat menimbulkan suara gaduh, pakailah kenalpot sesuai dengan ketentuan pabrikan kendaraan. Pakai kenalpot bising siap ditilang, dicopot dan dimusnahkan,” tegasnya. ***