Penanganan Kasus Sengketa Konsumen di Sukabumi Terus Merosot

Kabupaten Sukabumi – Sepanjang satu tahun terakhir ini jumlah kasus konsumen yang ditangani Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Sukabumi kian mengalami penurunan.

Pada tahun 2018 silam, lembaga peradilan ini hanya menangani 21 perkara sengketa konsumen. Gejala penurunan jumlah perkara itu terus berlanjut hingga saat ini. Pada umumnya, perkara konsumen yang ditangani lebih didominasi kasus sengketa leasing atau kredit kendaraan.

Sejak Januari hingga pertengahan bulan ini, BPSK hanya menangani empat perkara konsumen. “Tiga perkara sudah mendapat putusan majelis. Sedangkan satu perkara terbaru akan segera disidangkan,” ungkap Kepala Sekretariat BPSK Kabupaten Sukabumi, Rina Nurrinawati.

Dikatakannya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan jumlah kasus yang ditangani. Antara lain dipicu perpindahan sekretariat BPSK yang semula di kawasan Cibolang kini berpindah ke Jalan Cibatu, Kecamatan Cisaat.

“Banyak masyarakat konsumen yang tidak menyampaikan pengaduan kasus sengketanya akibat tidak mengetahui keberadaan kantor BPSK. Selain itu lokasi saat ini pun terbilang sulit di jangkau karena berada jauh dari jalan utama,” beber Rina.

1
2