Pimpin Tahanan Shalat, Anggota Polres Sukabumi Kota Viral di Medsos

Kota Sukabumi – Video seorang Polisi berseragam lengkap memimpin solat dengan sejumlah tahanan di jeruji besi viral di media sosial. Video berdurasi 30 detik tersebut, telah beredar di berbagai jejaring sosial sejak Selasa (3/3/2020).

Setelah ditelusuri lokasi dan anggota Polisi yang bertugas, ternyata ada di Polres Sukabumi Kota. Dia adalah Bripda Asep Jafar Sidik, anggota Sat Sabhara Polres Sukabumi Kota.

Setelah dikonfirmasi, Bripda Asep mengakui bahwa pria berseragam coklat yang ada di video tersebut benar dirinya. Saat itu, kata dia, dirinya tengah memimpin solat magrib berjamaah dengan warga tahanan Mapolres Sukabumi Kota.

“Iya betul itu saya. Waktu itu saya sedang tugas jaga tahanan, saat adzan maghrib berkumandang, saya berinisiatif mengajak warga tahanan untuk shalat berjamaah,” tutur Asep, saat dikonfirmasi, Jum’at (6/3/2020).

Terkait beredarnya video tersebut, Asep mengaku tak mengetahui bahwa rekan seprofesinya mengambil moment tersebut.

“Seperti biasanya, bila waktunya shalat, kami yang bertugas menjaga tahanan selalu bergiliran untuk shalat, mungkin saat itulah rekan saya ngambil gambar dan membagikannya ke media sosial,” terang Asep.

Sementara itu, Paur Subbag Humas Polres Sukabumi Kota, Bripka Solehudin membenarkan, jika Bripda Asep merupakan anggota yang bertugas di Sat Sabhara Polres Sukabumi Kota.

Soleh pun mengungkapkan, bahwa Bripda Asep kerap diajak safari Jumling dengan para PJU Polres Sukabumi Kota untuk memimpin shalat Jum’at di beberapa mesjid yang ada di Sukabumi sekitarnya.

“Saat kami tau bahwa Bripda Asep bisa melantunkan ayat suci Al-Quran dengan fasih, dirinya selalu kami ajak dalam program safari Jumlingnya pak Kapolres untuk memimpin shalat Jum’at di beberapa mesjid yang ada di wilayah,” ujar dia.

Dalam program safari Jumling, tambah dia, anggota Polres Sukabumi Kota mempunyai peran masing-masing, dari mulai Muadzin, khotib hingga Imam.

“Dalam Jumling kita punya tugas masing – masing. Dan Bripka Asep bertugas untuk memimpin shalat Jum’at,” pungkasnya. ***