Polres Cianjur Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Oplosan

Kabupaten Cianjur – Jajaran Polres Cianjur, memusnahkan 3450 botol barang bukti, minuman keras (miras) berbagai jenis merek dan ukuran, dari hasil razia masif selama selama enam bulan terakhir.

“Pemusnahan miras ini guna mengurangi tingkat kriminalitas di kabupaten Cianjur, agar tercipta kondusifitas jelang hari Raya Natal dan tahun baru di Kabupaten Cianjur,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Andi Juang Prianto, usai pemusnahan.

Menurut Juang, peredaran miras menjelang pergantian tahun terbilang tinggi, untuk itu lembaganya semakin rajin menggelar penindakan, untuk mempersempit ruang peredaran. “Minimal supaya bisa memberikan efek jera ke agen dan distributor yang masih menjual barang itu,” kata dia.

Juang mengakui bukan perkara mudah melakukan pemberantasan miras, meskipun secara berkala melakulan razia rutin, namun dalam prakteknya barang haram itu tetap beredar. “Makanya kami mohon masukannya dari para kiyai, tokoh masyarakat, LSM bagaimana upaya terbaik memberantasnya,” tandas Juang.

Selain itu pihaknya juga akan menyisir jalur-jalur utama yang disinyalir menjadi tempat transaksi peredaran narkoba di wilayah Cianjur, serta mengantisipasi peredaran ganja yang sedang marak karena tumbuh pesat disaat musim penghujan.

Selain ribuan botol miras, polres Cianjur juga mengamankan ratusan liter minuman keras oplosan dari depot dan toko yang tersimpan dalam ratusan kantong dan galon yang siap edar.

“Miras oplosan ini sulit ditaksir berapa kadar persen alkoholnya,karena tidak memakai aturan saat mengoplosnya,dan lebih membahayakan bagi yang mengkonsumsinya,” kata dia. ***