Sepekan, Polisi Ciduk Lima Pengedar dan Bandar Narkoba di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Jajaran Satserse Narkoba Polres Sukabumi, membekuk sedikitnya lima pengedar dan bandar narkoba di sejumlah tempat di wilayah hukum Polres Sukabumi. Para tersangka masing-masing berinisial RA, YY, RS, DY, RS. Mereka merupakan bandar dan pengedar narkoba jenis sabu-sabu, dan ganja.

Dari tangan para tersangka, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya sabu seberat 5,77 gram yang sudah dikemas dalam plastik-plastik bening kecil siap edar, dan belasan ganja kering yang sudah dipaket dengan menggunakan lakban.

“Penangkapan para pengedar dan bandar narkoba ini merupakan hasil giat dan pengungkapan kasus dalam sepekan terakhir,” kata Kasat Narkoba Polres Sukabumi AKP Jimmy Sihite kepada wartawan di Mapolres Sukabumi.

Meski tidak tergabung dalam satu jaringan langsung, namun dari hasil pemeriksaan terhadap masing-masing tersangka, Jimmy menyebutkan di antara mereka saling mengenal.

Jimmy menyebutkan, para pengedar dan bandar narkoba yang dibekuk kali ini adalah para pemain baru yang tidak terlibat dalam kasus narkoba sebelumnya. “Pengakuan para tersangka, mereka baru menjadi pengedar dan bandar narkoba sekitar 3-4 bulan terakhir,” sebutnya.

Meski demikian, pihaknya tidak percaya begitu saja pengakuan dari para tersangka, terlebih jaringan narkoba mereka disinyalir melingkupi wilayah operasi di Jakarta, Bogor, Sukabumi dan Cianjur. “Sasaran peredaran mereka anak-anak muda, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” ucapnya.

Sementara, selain para tersangka yang ditangkap, polisi juga, kata dia, tengah memburu sejumlah Daftar Pencarian Orang (DPO). Pasalnya, saat dilakukan penangkapan, pelaku melarikan diri.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 114 subsider Pasal 112 UU Narkotika dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara. (Red)