Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Berita Pilihan > INI KOMENTAR KADES SOAL BURSA INOVASI DESA KABUPATEN SUKABUMI

INI KOMENTAR KADES SOAL BURSA INOVASI DESA KABUPATEN SUKABUMI

Masaginews.com – Ajang Bursa Inovasi Desa (BID) yang diikuti semua desa di Kabupaten Sukabumi yang digelar di GOR Venue Tinju Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Sabtu (30/12) kemarin. Bagi Saeban selaku Kepala Desa Gandasoli Kecamatan Cikakak menjadi inspirasi dan membuka jendela informasi untuk pembangunan desa.

Dia menyarankan, event BID sebagai ajang berkreasi dan evaluasi, sebaiknya diadakan setiap tahun sehingga desa-desa dapat berkompetisi mengaplikasikannya program tersebut. Terlebih tayangan video disela-sela acara BID yang menampilkan pembuatan “microhidro” listrik yang digerakan oleh media air sangat menginspirasi.

“Video tersebut menjadi inspirasi bagi kami, kebetulan di Desa Gandasoli potensi alamnya mendukung untuk penggerak microhidro,” kata Saeban mengibaratkan kepada Masaginews.com, Minggu (31/12).

Saeban mengaku bisa belajar dari desa lain yang memiliki inovasi dan dapat dikembangkan di desanya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris desa Gunungkaramat Kecamatan Cisolok Keken Saraswati. Menurutnya, program BID jadi motivasi buat desa-desa untuk berinovasi apa saja yang jadi produk unggulan.

“Program seperti inilah salah satu tujuan dialokasikannya dana desa sebagai peningkatan ekonomi dan kapasitas kelembagaan,” kata dia mewakili kepala desanya.

Keken menilai program ini bukan seremonial saja, namun bagaimana ditahun depan sudah bisa memfasilitasi program inovasi.

“Seperti Kampung Sosog di Desa Gunungkaramat, kami merespon surat edaran Bupati tentang pemanfaatan lahan pekarangan rumah,” ucapnya.

Contoh lainnya, disektor pariwisata pihak Desa Gunungkaramat  bermaksud menyediakan sarana outbound, camping ground dan sarana offroad.

“Potensi alam sudah tersedia di Gunungkaramat, tinggal bagaimana pemerintah desanya berkolaborasi dengan leading sector terkait sehingga terwujud sinergitas kedua belah pihak” tutupnya. (Ag/Deri)

REKOMENDASI:

PERBAIKI PELAYANAN MASYARAKAT, DESA BUNIWANGI SELESAIKAN FASILITAS INF... MASAGINEWS.com - Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Buniwangi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, percepat pembangunan kantor desa dan fasilitas umum lainnya. ...
Polres Sukabumi Ajak Masyarakat Beraktivitas Dengan Sepeda Kabupaten Sukabumi  - Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi mengajakan masyarakat untuk melakukan aktivitas setiap harinya dengan menggunakan sepeda. Ajakan tersebut merupakan kegiatan Launching Program Transportasi Sehat M...
Bocah 13 Tahun Dioperasi Gegara Memasukan Kabel USB ke Lubang “B... Seorang anak laki-laki berusia 13 tahun terpaksa harus menjalani operasi besar gara-gara nekat memasukan kabel USB ke dalam lubang alat kelaminnya. Butuh dua rumah sakit untuk bisa mengeluarkan kabel tersebut. Peristi...
Rawan Kecelakaan, Jalan Cibareno Cisolok Sukabumi Minim PJU Masaginews.com - Turunan jalan Cibareno Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Banten minim lampu penerangan. Sehingga tidak jarang jalur ini rawan kecelakaan khusus di malam...
Tolak UU MD3, Massa PMII Geruduk Gedung Dewan Sukabumi Masaginews.com - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Sukabumi berorasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di jalan Jend. Sudirman...