Minggu, Agustus 19, 2018
Home > Berita Pilihan > INI KUOTA ANGKUTAN ONLINE USULAN PEMKOT SUKABUMI KE PEMPROV JABAR

INI KUOTA ANGKUTAN ONLINE USULAN PEMKOT SUKABUMI KE PEMPROV JABAR

Masaginews. com – Pemerintah Kota Sukabumi dalam waktu dekat akan melayangkan surat resmi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat berisi usulan pembatasan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Seperti transportasi online dan travel.

Berdasarkan hasil perhitungan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, transportasi online roda empat dan travel yang seharusnya beroperasi di Kota Sukabumi hanya 415 unit saja.

Hitungan tersebut melihat luas wilayah dan jumlah penduduk Kota Sukabumi ditambah indikator lainnya.

“Perhitungan Dishub kuota transportasi online hanya 415 unit. Kalau perhitungan provinsi kita gak tahu. Kita akan ajukan saja, karena nanti produknya di propinsi,” ujar Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz kepada wartawan usai menggelar pertemuan dengan Organda dan perwakilan Kelompok Kerja Unit (KKU) angkutan umum di Kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Kamis (04/01).

Dijelaskan Muraz, perwakilan angkutan umum saat pertemuan meminta tolong agar permasalahan transportasi online segera  ditangani.

“Mereka minta tolong, susah tong aya online. Lain negara saya, kan iyeu negara NKRI.  Kewenangan kita berbeda, pengen mereka kurang tapi tidak bisa karena sudah diputus oleh Mahkamah Konstitusi,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Abdul Rachman mengatakan, munculnya angka 415 unit tersebut berdasarkan beberapa indikator seperti jumlah penduduk, luas wilayah dan parameter lainnya.

“Kita masukin data-data itu, akhirnya muncul angka itu,” katanya.

Secepatnya, jelas Abdul, pihaknya akan membuat surat usulan  tersebut ke provinsi karena rumus yang kita gunakan sudah ada dasar hukumnya.

“Intinya hasil perhitungan kita 415 unit untuk  angkutan tidak dalam trayek bukan hanya online tetapi juga travel dan berlaku untuk lima tahun. Bentuknya nanti surat wali kota ke gubernur dan tembusan ke Kadishub Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Sementara itu Humas Organda Kota Sukabumi Yana Mulyana menegaskan jika Pemkot Sukabumi mengusulkan hanya 415 unit angkutan online roda empat yang beroperasi.

“Luas wilayah Kota Sukabumi hanya 49 kilometer, angkot juga sudah over kapasitas. Intinya pembatasan ini usulan seluruh KKU,” katanya.

Namun Yana meminta, jika nantinya usulan 415  unit yang beroperasi harus sesuai dengan sembilan item yang tertuang dalam
Peraturan Menteri (PM) Nomor 108 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. (Feb)

REKOMENDASI:

PSM PALABUHANRATU SUKABUMI SIAPKAN KIOS BAGI PKL Masaginews.com - Pasca ditertibkan Satpol PP, pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di trotoar Jalan Siliwangi untuk sementara di pindahkan ke dalam Pasar Semi Modern Palabuhanratu Sukabumi. Kepala Unit Pelayanan Te...
HARI PERTAMA BEROPERASI, KA PANGRANGO SUKABUMI-CIGOMBONG SEPI PENUMPAN... Masaginews.com - Hari pertama mulai dioperasikannya KA Pangrango yang melayani jurusan Sukabumi - Cigombong Bogor dan sebaliknya tampak sepi penumpang. Hal ini diakui Petugas Perjalanan Kereta Api (PPKA) stasiun Cicur...
Panjat Tiang Bendera Pelajar NTT Dapat Jajan “Permen” Dari... Sukabumi - Aksi heroik Yohanis Gama Marschal (13) pelajar SMP di Nusa Tenggara Barat menyelamatkan upacara peringatan HUT RI ke 73 dengan memanjat tiang untuk membetulkan tali bendera mendapat respon positif dari penggun...
Andalkan Keasrian Alami, Taman Villa Cantik Jadi Obyek Wisata Baru di ... Kota Sukabumi - Pada umumnya potensi wisata alam terbuka di Sukabumi, lebih banyak berlokasi di wilayah kabupaten. Tapi kali ini obyek wisata alam ditemukan di Kota Sukabumi, tepatnya di Jalan Caringin Ngumbang, Kampung ...
Terancam Bangkrut, Gaji Karyawan CV BAS Ditangguhkan Lagi Masaginews.com - Ratusan karyawan CV Berkah Alam Saribumi (BAS) kembali harus menelan kekecewaan. Pihak perusahaan menangguhkan kembali gaji perdana mereka menjadi pekan depan. Keputusan ini hasil kesepakatan musyawar...