Budi Daya Pepaya Bisa Hasilkan Keuntungan Puluhan Juta Perbulan ?

Kabupaten Sukabumi – Menjadi petani adalah salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi sebagain orang. Banyak kisah sukses yang bisa membuat kamu semakin termotivasi dan memberikan inspirasi.

Salah satunya adalah Ading Ismail warga Kampung Cisapi, Desa Mekarjaya, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Ading memilih membudi daya pepaya yang dilakukan di lahan sekitar 2 hektare, ternyata sudah memiliki omset Rp20 juta perbulanya.

Menanam pepaya Bangkok di lahan, baik dataran rendah maupun tinggi menurutnya tidak lah sulit. Bahkan, Ading yang sudah membudi daya pepaya sejak tahun 2017, hanya 9 sampai 10 bulan untuk memanen.

Ading termasuk orang yang sukses di bidang tersebut, dirinya mengaku mempunyai tanah yang kini sedang ditanami pohon pepaya dan hasilnya tentu sangat memuaskan.

Menurutnya, dengan usaha menanam pepaya ini cukup menjanjikan. Selain meraup untung cukup lumayan, penjualannya pun juga tidak sulit.

“Alhamdulillah omset perbulan saya bisa tembus hingga 20 juta dari hasil panen pepaya ini, kita tidak usah bingung untuk menjualnya, karena pengepulnya langsung datang ke kebun dan memetik sendiri, kita hanya melihat pas dikilonya saja,” ungkap Ading kepada Masaginews, Rabu (9/10/19)

Dari awal menanam hingga panen, kata dia, hanya membutuhkan waktu sekitar 9 sampai 10 bulan. Setelah itu, lanjut dia, pemilik tinggal memanen setiap 10 hari sekali.

Untuk memilih benih yang akan ditanam, kata Ading, benihnya bisa dibeli ditoko pertanian. Atau, kata dia, petani pun bisa membuat benih sendiri, dengan cara membelah buah pepaya yang sudah matang dan diambil bijinya.

“Tapi biji yang sudah kita ambil jangan lupa dibersihkan dan pisahkan dengan kulit luarnya, setelah bersih, keringkan biji tersebut ditempat yang teduh,” terangnya. (Herwanto)