Jadi Anggota Parlemen, Ribka Tjiptaning Tetap Pegang Teguh Sumpah Dokter

Ribka Tjiptaning saat memberikan bantuan berupa kartu BPJS kepada mantan atlit nasional legendaris balap sepeda asal Sukabumi Hendrik Brock. (Dok)

Kabupaten Sukabumi – Sudah 15 tahun terakhir ini Ribka Tjiptaning duduk sebagai anggota DPR RI mewakil daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi. Namun jabatan yang diembannya ini tidak membuat politisi PDI Perjuangan tersebut lupa akan sumpah hippokrates, sebuah tentang etika yang harus dijalankan oleh seorang dokter.

Gelar dokter yang disandang oleh mantan Ketua Komisi IX priode 2009-2014 ini diperolehnya setelah berhasil menuntaskan pendidikan di Fakultas Kedokteran UKI, Jakarta pada tahun 1990.

Menurut Ribka Tjiptaning, salah satu poin penting dari sumpah hippokrates dokter itu antara lain harus mempunyai jiwa kemanusiaan. Ia menghayati betul sumpah tersebut, baik semasa berpraktek menjadi dokter sampai kini menjadi anggota parlemen.

Pengalaman hidup yang mengajarkan kepada Ribka untuk tetap gigih membantu sesamanya. Masa kecil dan remajanya hidup terlantar di jalanan Ibukota. Kemiskinan dan kerasnya kehidupan harus ia lakoni.

Soal memberikan pelayanan kesehatan secara gratis, sebenarnya bukan hal aneh bagi Ribka. Sejak membuka klinik kesehatan, ia kerap menolong masyarakat miskin. Profesi itu dijalani seiring dengan langkah politiknya di PDI. (Sebelum menjadi PDI Perjuangan).

1
2