Jumat, Agustus 17, 2018
Home > Otonomi > Politik > Jangan Sampai Warga Tidak Bisa Gunakan Hak Pilihnya

Jangan Sampai Warga Tidak Bisa Gunakan Hak Pilihnya

Masaginews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menetapkan sebanyak 225.349 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Wali Kota 2018.

Penetapan DPT yang terdiri dari 33 Kelurahan dan 527 TPS yang tersebar di 7 Kecamatan itu melalui rapat pleno terbuka oleh KPU, Kamis (19/4).

Rapat pleno dipimpin langsung oleh ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah didampingi anggota lainnya dan dihadiri Panwas, PPK yang berasal dari 7 Kecamatan serta disaksikan oleh perwakilan keempat pasangan calon yang akan bertarung.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah mengatakan, kalau untuk DPT sudah ditetapkan nanti akan ada daftar pemilih tambahan dan itu akan terus berlanjut.

“Pokoknya jangan sampai ada warga yang mempunyai hak pilih tidak bisa menggunakan hak pilihnya,” katanya kepada masaginews.com, Kamis (19/4).

Hamzah menyebutkan, penetapan DPT ini berkaitan dengan proses pengadaan logistik pada saat pelaksanaan pemilihan nanti.

“Jadi untuk logistik, akan disediakan dengan jumlah DPT yang ditetapkan sekarang kemudian dikalikan dengan 2,5 persen,” sebutnya.

Untuk warga kota Sukabumi yang berada di luar negeri dan orang dengan gangguan sakit jiwa yang mempunyai NIK masih ada dalam daftar pemilih, pihaknya tidak melakukan pencoretan karena tidak ada jaminan bagi mereka tidak akan menggunakan hak pilihnya pada saat pemilihan nanti.

“Karena tidak ada jaminan lebih baik kita diamkan mereka tetap terdaftar dalam daftar pemilih tetap karena bisa jadi nanti menjelang pemilihan mereka akan menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Kemudian untuk Lapas sendiri, kata Hamzah, pihaknya masih koordinasi dengan Kalapas terkait dengan jumlah penduduk yang ada disana, terutama warga binaan, karena jumlahnya bisa saja berubah.

“Nanti kita akan koorsinasi dengan lapas bersama panwas dan dinas kependudukan untuk dilakukan proses perekaman kepada warga binaan,” pungkasnya. (Budi Setiawan)

REKOMENDASI:

Tour de Jawa Barat, Ini Agenda AHY di Kota Sukabumi Masaginews.com – Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rabu (21/03) hari ini diagendakan mengunjungi Kota Sukabumi sebagai rangkaian kegiatan safari politik T...
“Naga Bonar” Blusukan di Palabuhanratu Masaginews.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 (empat) Deddy Mizwar yang akrab dipanggil Naga Bonar tersebut saat ke Kabupaten Sukabumi memilih Blusukan di Pasar Palabuhanratu. Naga Bonar ini memilih kunjunga...
231.244 Lembar Surat Suara Pilgub Siap Dicoblos Masaginews.com - Sebanyak 231.244 lembar surat suara Pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Barat tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Jumat (25/5) siang. Pantauan masaginews.com, truk pengangkut surat ...
Demiz Optimis Unggul Suara di Sukabumi Masaginews.com - Pasangan Calon Gubernur (Cagub) No urut 4, Dedi Mizwar optimis mampu meraih suara terbanyak di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Keyakinan tersebut berdasarkan soliditas antar relawan dengan para pengurus par...
Wabup Berpesan Jaga Kondusifitas Pilkada di Kabupaten Sukabumi Kabupaten Sukabumi - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengapresiasi kinerja jajaran Polres Sukabumi beserta unsur terkait dalam menjaga kondusifitas keamanan di Kabupaten Sukabumi. Hal itu dikatakan saat menghadiri...