Legislator PDIP Ini Ajak Warga Sukabumi Konsumsi Buah-buahan

Anggota DPR RI Fraksi PDIP dari dapil Sukabumi, Ribka Tjiptaning dalam kegiatan germas, belum lama ini. (Dok)

Kabupaten Sukabumi – Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning kembali menggelorakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Kali ini politisi PDI Perjuangan tersebut mengajak warga untuk memperbanyak mengonsumsi buah-buahan.

“Sangat penting, sekarang kan orang sudah hampir lupa pola hidup sehat. Cukup dengan cara yang sederhana saja, salah satunya mengonsumsi buah-buahan,” kata Ribka dalam agenda kerjanya yang dilaksanakan di Desa Limusnunggal, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, belum lama ini.

Disamping itu, Ribka yang juga menjabat sebagai Ketua DPP ini mengajak warga untuk berkomitmen mengisi piring makan dengan menu yang menyehatkan.

Dalam satu piring, lanjut Ribka, idealnya memenuhi komposisi meliputi sepertiga nasi, sepertiga sayur, seperenam lauk pauk dan seperenam buah-buahan.

Menurutnya, kesehatan itu terbilang sangat murah akan tetapi masyarakat tidak tahu cara yang harus ditempuhnya dalam mewujudkan pola hidup sehat.

Dikatakannya, saat ini penyebab kematian bukan hanya dipicu oleh penyakit menular saja. Tetapi penyakit yang tidak menular pun bisa menjadi penyebab kematian.

“Hidup sehat itu murah dan tidak perlu mewah, misalnya makan sayuran dan buah-buahan serta melakukan aktivitas jalan kaki atau cukup melakukan pekerjaan rumah setiap hari, ini pun dapat membantu,“ ungkapnya. Langkah penting untuk mencapai hidup sehat adalah periksakanlah kesehatan ke puskesmas sejak awal. Tujuannya untuk menghindari penyakit yang menyerang tubuh. (*)