Bentrok Dengan ‘Munggahan’, Puncak Hari Nelayan di Ujunggenteng Dirayakan Lebih Awal

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Perayaan Hari Nelayan di tempat pelelangan ikan (TPI) Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi kali ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini puncak perayaannya terpaksa dimajukan satu hari karena bentrok dengan bulan suci Ramadhan.

Jika menurut jadwal tahunan, tahun ini perayaan puncak hari nelayan jatuh pada 5 Mei 2019, namun karena bertepatan dengan tradisi ‘munggahan’ jelang bulan suci Ramadhan, maka perayaan puncak akan dilaksanakan lebih awal, yakni pada 4 Mei 2019.

Ketua Nelayan Ujunggenteng, Rifki Suherdi mengatakan acara puncak syukuran hari nelayan yang ke 53 ini memang akan dilaksanakan lebih awal. Namun rangkaian acaranya telah dimulai sejak 28 April lalu.

“Rangkaian kegiatannya diisi macam-macam mulai dari hiburan, turnamen futsal putra dan putri, serta ada juga balap motor pantai,” jelasnya saat ditemui Masaginews.com, Selasa (30/04).

Selain itu pihaknya juga menambahkan akan ada kegiatan bhakti sosial sunat massal gratis dan kegiatan keagamaan tabligh akbar. “Di puncak acaranya seperti biasa nanti akan ada upacara adat, pertunjukan kesenian wayang golek dan ditutup dengan aksi bersih-bersih pantai,” pungkasnya. (Ari)