Berburu Impun di Palabuhanratu, Tradisi Nyalawean Jadi Bisnis Menggiurkan

Kabupaten Sukabumi – Sudah beberapa hari terakhir ini pesisir Teluk Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kerap diserebu seratusan warga dari sejumlah desa terdekat.

Biasanya segerombolan warga itu memenuhi bibir pantai saat menjelang sore hari. Meraka sengaja datang ke kawasan tersebut dengan tujuan yang sama, yakni untuk menangkap jutaan ekor ikan-ikan kecil atau lebih dikenal dengan sebutan Impun.

Perburuan impun ini menjadi tradisi bagi warga Palabuhanratu karena sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam. Musim panen impun tersebut hanya terjadi setiap tanggal 25 di bulan Juni atau bulan Maulud di tahun Islam.

Takj heran, jika panen impun itu dikenal dengan sebutan tradisi Nyalawean yang berasal dari kata dasar dalam bahasa sunda Salawe atau dalam bahasa Indonesia berarti 25 (Dua puluh lima).

Untuk menangkap impun ini, warga biasanya melakukan perburuan di sekitar muara yang menjadi pertemuan antara air sungai dan laut. Pasalnya lokasi ini menjadi tempat bermigrasinya ikan kecil dari muara menuju laut.

1
2