Gegara Empat Polisi Ini Reog Sunda Terkenal di Indonesia

Masaginews.com – Pendekatan secara humanis yang dilakukan Polisi Republik Indonesia (Polri) ternyata sudah dilakukan sejak dulu kala, bahkan secara tidak lansung upaya tersebut turut mempopulerkan salah satu kesenian Sunda di tingkat nasional. Selidik punya selidik, ternyata di era tahun enam puluhan, Polri ( dulu Angkatan Kepolisian) pernah memiliki grup Reog yang sangat terkenal.

Reog yang dimaksud bukanlah reog dari Ponorogo, melainkan Reog Sunda, sebuah seni pertunjukan yang memadukan tari, lagu, lawak (bodoran) dan cerita yang berisi kritik sosial penuh pesan. Nama grup tersebut adalah Reog Badan Kesenian Anggota Kepolisian atau disingkat Reog BKAK.

Anggota Reog BKAK terdiri dari empat orang polisi aktif yang memang memiliki bakat seni dan pandai ngabodor (melawak), mereka adalah Mang Diman, Mang Dudung, Mang Udi dan Mang Hari, merekalah yang berjasa memperkenalkan kesenian Reog Sunda secara nasional

Di masa itu Reog BKAK cukup terkenal dan bukan hanya dikalangan kepolisian saja, bahkan para personil BKAK kerap terlibat dalam sejumlah garapan film layar lebar yang cukup terkenal di zamannya. Sedikit mengulas perjalanan karir dan jasa mereka. berikut catatan yang berhasil kami rangkum.

Mang Udi

Lahir di Sukabumi. Anggota Polri yang juga menjadi anggota grup lawak Reog BKAK ini mulai bermain film sejak tahun 1971 dalam produksi “Singa Betina Dari Marunda”. Hampir seluruh filmnya ia selalu main bersama-sama anggota Reog BKAK yang lain. Peran yang dibawakannya kebanyakan adalah peran komedi sesuai dengan profesinya sebagai pelawak.

Mang Dudung (Dudung Endang)

Mang Dudung mulanya adalah pemain sandiwara sekaligus pelawak, karir tersebut dimulai sejak tahun 1943. Tahun 1950 Mang Dudung masuk menjadi anggota POLRI dan ditempatkan pada bagian film sebagai juru potret dan juru kamera. Pekerjaan ini dilakukan sampai tahun 1964, sesudah itu ia ditempatkan pada Dinas Penerangan POLRI dengan pangkat Mayor Polisi. Pada saat dinas kepolisian inilah ia membentuk grup lawak Reog BKAK. Meskipun Mang Dudung main film sejak 1954 namun baru dikenal tahun 1972, sesudah itu ia bersama-sama anggota Reog BKAK main dalam beberapa produksi dengan peran sebagai pelawak.

Mang Harry

Lahir di Bandung, anggota POLRI ini ikut bermain dalam film “Lutung Kasarung” (1952). Untuk film-film selanjutnya ia selalu bermain bersama anggota BKAK dalam peran-peran kocak.

Mang Diman

Nama aslinya R. Soepardiman Hardjosepoetro, ia memang seorang aktor dan pelawak Indonesia. Selain itu beliau juga dikenal sebagai seniman reog sunda. Bertugas sebagai polisi di bagian kesenian. Bersama Reog BKAK ia malang melintang di dunia hiburan selama periode 1960-1970-an.(*)