Hiu Bentang, Biota Laut Yang Bersahabat Dengan Nelayan Palabuhanratu

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Terdamparnya seekor Hiu Paus Rhincodon Typus di Dermaga II Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) menyisakan cerita dari sejumlah nelayan. Biota laut berukuran besar tersebut dikenal sebagai sahabat nelayan kala melaut, bagaimana ceritanya?

Lukman (37) seorang nelayan asal Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, adalah salah satu saksi mata keberadaan hiu yang dikenal nelayan dengan sebutan Hiu Bentang tersebut.

Lukman mengaku sering menemukan ikan bercorak tutul tersebut, menurutnya saat malam bintik-bintik yang ada di tubuh hiu mengeluarkan cahaya ketika malam hari.

“Bintik-bintik di badannya mengeluarkan cahaya ketika malam, nelayan sudah tidak aneh kalau lihat ikan itu,” kata Lukman, Kamis (14/2).

Hiu tersebut dikatakan Lukman sering berenang beriringan dengan perahu nelayan, selama tidak mengganggu hewan itu tidak akan menyerang. Ikan itu menyenangi kondisi air yang hangat, hawa panas mesin kerap menarik perhatiannya.

“Kadang ada di bawah perahu, kadang dipinggir. Kami biarkan saja karena dia tidak mengganggu,” lanjut dia.

Ketika musim rebon tiba, sekumpulan hiu bentang kerap muncul beriringan. Menurut Lukman ikan tersebut menyenangi rebon yang memang salah satu makanan favoritnya.

“Kalau sedang musim rebon ikan Hiu Bentang suka keluar banyak,” pungkasnya.

Sementara itu, Pengawas Perikanan Bidang Perikanan Tangkap PPNP, Abdurrahman Robbani juga membenarkan terkait adanya ikan Hiu Paus di perairan laut Palabuhanratu.

“Informasi dari pihak nelayan sendiri terkait adanya ikan Hiu itu di perairan kita, itu terpantau sering ada dan nelayan sering menemukan,” singkatnya.

Reporter: M. Rizal Jalaludin

Redaktur: Adistuari S