Ribuan Warga Tumpah Ruah di Pesta Rakyat ‘Ngubek Lauk’ Cisolok

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan dan wilayah tumpah ruah antusias mengikuti Pesta Rakyat ‘Ngubek Lauk‘ di area persawahan di Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada Minggu (31/03).

Acara ini rutin diselenggarakan tiap tahunnya sejak enam tahun yang lalu dan diprakarsai oleh Kades Karangpapak, Nandang Mulyana alias Kang Baskom. Acara ini semakin meriah karena dihadiri oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani.

Kang Baskom mengatakan acara ini berlangsung lebih meriah dari tahun sebelumnya dan ia juga berharap tiap tahunnya akan berjalan semakin meriah lagi.

“Ada dua ton ikan yang disebar dilahan sekitar satu hektar ini. Satu ton ikan lele dan satu ton sisanya ikan campuran,” ujarnya yang juga menjadi panitia dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bahkan pihaknya juga mengacungi jempol atas antusiasme warga yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

“Acara seperti ini harus didukung. Dengan melihat warga Kabupaten Sukabumi bersatu tidak mustahil membuat mereka juga bisa bergerak bersama untuk membuat Sukabumi menjadi lebih baik. Saya harap desa lain juga bisa membuat inovasi di Bidang Pariwisata,” jelasnya.

Acara ini digelar secara gratis dan diperuntukkan untuk umum. Sumber dana kegiatan ini berasal dari dana pribadi Kang Baskom yang juga telah menyiapkan benih ikan untuk acara tahun selanjutnya. (Ari)