Manjakan Wisatawan Geopark, Rest Area Puncak Rasa Segera Diresmikan

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Bagi para wisatawan yang hendak menuju Geopark Ciletuh melintasi jalur Loji, Kecamatan Simpenan, tidak perlu khawatir kelelahan di perjalanan. Sebab dalam waktu dekat akan segera disediakan rest area di Jalan Loji-Palangpang, tepatnya di Kampung/Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Rest Area Puncak Rasa yang saat ini masih dalam tahap pembangunan ini sengaja disediakan untuk para wisatawan agar bisa beristirahat sejenak sebelum melewati jalur ekstrem yang berupa tikungan tajam.

Dede Kurniawan alias Achoy (53), mengaku pertama kali menggagas ide pembuatan rest area saat dirinya melakukan touring melalui Jalur Loji bersama rekannya pada 2017 lalu.

“Saat itu memang kita pikir perlu ada fasilitas seperti rest area. Makanya kami dengan rekan-rekan kelompok masyarakat Simpenan berencana membuat rest area ini,” jelasnya saat ditemui Masaginews, Jumat (05/07).

Sebelumnya rest area ini akan diberi nama rest area Barokah, namun hasil berdiskusi dengan tokoh masyarakat setempat akhirnya diputuskan diberi nama rest area Puncak Rasa mengingat ada satu cerita nama tempat fi daerah tersebut.

Sumber dana yang digunakan untuk pembangunan rest area ini sepenuhnya didukung oleh pemerintah Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Saat ini pembangunan rest area tersebut sudah mencapai 90 persen.

Menurut pantauan Masaginews.com di lokasi tersebut terlihat gazebo yang bernuansa tradisional terbuat dari bambu. Adapula mushola, toilet umum, area bermain anak dan saung kuliner yang siap digunakan.

Selain bisa beristirahat, para pengunjung yang singgah di rest area ini juga bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitar rest area berupa hamparan laut lepas.

“Rencananya nanti kedepannya juga akan kita tambahkan wahana flying fox dan sepeda gantung. Sementara saung kulinernya nanti akan menjual berbagai makanan khas Simpenan. Sekitar dua minggu lagi rencananya pembangunan akan selesai dan akan dibuka untuk umum pada 26 Juli mendatang,” pungkasnya. (SF)