Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Berita Pilihan > Marwan Soroti Maraknya Kasus Kekerasan dan Intoleran di Sekolah

Marwan Soroti Maraknya Kasus Kekerasan dan Intoleran di Sekolah

Masaginews.com – Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyoroti dua permasalahan serius dalam dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi yakni semakin maraknya tindak kekerasan dalam pendidikan yang semakin masif dan mengerikan.

Kemudian yang kedua semakin berkurangnya toleran dalam menerima keberagaman, dan menurunnya nilai-nilai kebangsaan di sekolah.

“Kedua hal tersebut terkait dengan karakter,” kata Marwan saat memperingati Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Sukabumi di Lapang Dishub setempat, Rabu (2/5).

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi menilai pendidikan karakter harus menjadi poros dan roh dalam mengelola pendidikan.

Sehingga perlu ada komitmen dan konsisten dari pemerintah melalui regulasi yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, pengembangan budaya sekolah sebagai komunitas moral pembelajar, dan membangun kolaborasi dengan masyarakat secara fair dan adil dalam peningkatan kualitas pendidikan.

“Memang bukan hanya di Kabupaten Sukabumi saja kita harus menyadari betul tentang permasalahan ini dan harus ada perbaikan dalam pola pengajaran di semua tingkatan di sekolah,” ujarnya.

Lanjut dia, nilai-nilai budaya ini akan mulai mendapatkan pelajaran yang lebih waktunya sehingga tata krama budaya akan menjadi muatan lokal yang harus lebih diperbanyak.

Menurut Agus, jika hanya berpegang kepada pola pendidikan yang ada sekarang, waktunya memang tidak mencukupi sehingga tawuran menjadi marak di mana-mana.

Sebab memang dari SD hanya beberapa jam di sekolah begitu juga SMP dan SMA sehingga mereka sudah hampir kehilangan cara untuk belajar berbudaya yang lebih baik.

“Cara menghargai sesama, selalu menghargai orang tua dan berbeda pendapat, menjadi beban kita ke depan,” katanya. (Ade Sutisna)

REKOMENDASI:

PRPS RAJAWALI PENYAMPAI PESAN DARI SELATAN SUKABUMI Masaginews.com - Paguyuban Radio Pantai Selatan (PRPS) Rajawali sebagai satu wadah yang berkiprah dibidang radio komunikasi terus berbenah mengoptimalkan fungsi dan perannya baik secara internal dengan penataan personil ...
MIRIS, KONDISI JANDA BERANAK TUJUH WARGA PALABUHANRATU SUKABUMI INI Masaginews.com - Sungguh memprihatinkan kondisi Ikah (35) warga Kampung Panyairan RT 03/31 Kelurahan/Kecamatan Palabuharatu, Kabupaten Sukabumi. Pasca ditinggal cerai suaminya 10 tahun yang lalu, janda beranak tujuh i...
KARANG TARUNA DESA SUKAMAJU BUDIDAYAKAN DURIAN SIGANDARIA MASAGINEWS.com - Untuk menjaga kelestarian jenis durian yang ada di Cikakak, Karang Taruna Tunas Bhakti Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak melakukan budidaya dengan cara okulasi. "Saat ini kita baru uji coba pada jenis d...
Satu Rumah di Cibadak Roboh Diguncang Gempa Bumi Reportase : Maulana Masaginews.com – Sebuah bangunan rumah milik warga di Kampung Pojok RT04/15 Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, roboh dalam peristiwa gempa bumi berkekuatan 5,2 SR pada Senin lalu (19/3). Inf...
MUSYAWARAH VI CABANG PWRI KABUPATEN SUKABUMI 2017 Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami Membuka Musyawarah VI Cabang Persatuan Wredatama Seluruh Indonesia (PWRI) Kabupaten Sukabumi Tahun 2017 digedug pendopo sukabumi Sabtu (22/7) . Bp. Holid Rosyid selaku ketua penyelengara m...