Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Otonomi > Miris, Bocah Disabilitas Asal Cikakak Tinggal di Rumah Kumuh

Miris, Bocah Disabilitas Asal Cikakak Tinggal di Rumah Kumuh

Masaginews.com Yandi, seorang bocah berusia 15 tahun asal Kampung Cihaur RT005/008 Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, harus hidup dalam kondisi tubuh dan perekonomian keluarga yang serba terbatas.

Tubuhnya yang mengalami kelumpuhan (Disabilitas) sejak lahir harus memaksa Yandi merelakan masa remajanya dengan cara berdiam diri di dalam rumah. Lebih miris lagi, rumah yang ia tempati kondisinya sangat tidak layak huni.

Berdasarkan pantauan, rumah yang dihuni Yandi beserta kedua orangtuanya yakni Oop (60) dan Samsiah (35) merupakan sebuah bangunan panggung berukuran kurang lebih 3 x 4 M2 yang seluruhnya terbuat dari material kayu dan bilik. Secara keseluruhan, rumah tersebut tampak kumuh dengan bangunannya yang tidak lagi berdiri tegak di atas tanah.

Pada beberapa sisi dinding rumahnya tampak terlihat miring serta rapuh karena terdapat sejumlah lubang menganga akibat dimakan usia.
Di rumah tersebut, selain Yandi dihuni juga oleh dua orang adiknya bernama Riana (11) dan Rianti (7). Dengan begitu jumlah keseluruhan yang menempati rumah tidak layak huni tersebut sebanyak lima jiwa, bahkan mungkin dalam waktu dekat ini jumlahnya akan bertambah satu orang, mengingat Samsiah saat ini tengah hamil tua.

Sebenarnya Oop memiliki keinginan kuat untuk memiliki rumah yang bagus atau cukup layak dijadikan sebagai tempat berlindung bagi isteri dan anaknya. Tidak hanya itu saja, Oop juga sempat berusaha agar bisa memberikan tongkat penyangga untuk membantu Yandi menjalani aktifitas.

Hanya saja keinginannya itu hanya bisa dipendam dalam hati. Sebab penghasilannya yang terbatas sebagai pemulung barang rongsokan membuat Oop hanya bisa sebatas memenuhi kebutuhan makan keluarganya sehari-hari.

Belum lama ini, keterpurukan yang dialami warga Cikakak tersebut menjadi viral di sosial media setelah pemilik akun Facebook Miga Utami mengunggah foto yang menggambarkan kondisi bangunan rumah yang dihuni Yandi beserta keluarganya. Pada umumnya, komentar yang dilontarkan warganet lebih pada ungkapan keprihatinan atas kondisi bocah disabilitas yang tinggal di dalam bangunan rumah tidak layak dihuni.

Fungsionaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sukabumi, Mantra Sugrito (28) merupakan salah satu pihak yang tergerak hatinya mendapati kenyataan pahit yang dialami keluarga Oop. “Semoga keluarga tersebut mendapat uluran tangan dari berbagai pihak, demi terwujudnya pembangunan rumah yang layak huni bagi mereka serta bantuan kesehatan bagi Yandi yang mengalami disabilitas,” ungkapnya. (Alma Agustina)

REKOMENDASI:

Sebelum Berangkat Sopir dan Pemudik Diperiksa Dahulu Kesehatannya Masaginews.com - Perseroan Terbatas Jasa Raharja perwakilan Sukabumi membuka posko kesehatan untuk melayani para peserta pemudik gratis yang diselenggarakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi. Pantauan masaginew...
Usai Mencoblos, Bupati Marwan Langsung Pantau Wilayah Kabupaten Sukabumi - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menunaikan hak pilihnya di TPS 03 RW 11 Perumahan Cimahpar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi pagi ini, Rabu (27/6). Usai mencoblos bersama keluarga, orang nomor s...
Warga Bangga Lokasi Bandara Ditetapkan di Cikembar Masaginews.com - Penetapan lokasi pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukabumi di wilayah Kecamatan Cikembar mendapat respon positif dari masyarakat dan pemerintah setempat. Di antaranya dikatakan warga Kampung Cisonggom...
Rencana Pemindahan Stasiun KA Sukabumi Belum Ada Titik Terang Kota Sukabumi - Wacana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi yang sudah bergulir sejak akhir tahun 2017 silam, hingga kini masih belum final. Rencanannya stasiun yang saat ini berada di Jalan Stasiun Timur, Kelurahan Gu...
Sah! Surat Suara Pilkada Kota Sukabumi Ditandatangani Empat Paslon Masaginews.com - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi mendatangi kantor Komisi pemilihan Umum (KPU) setempat. Kedatangan para kandidat pilkada ini untuk menandatangani contoh surat suara yang akan digunaka...