Dihuni Mahluk Gaib, Goa Karang di Palabuhanratu Dipercaya Menjadi Tempat Pengabul Permintaan

Kabupaten Sukabumi – Dibalik keindahan panorama pesisir Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak menyimpan kisah misteri yang sarat akan nuansa gaib. Kisah mengenai Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut Selatan hingga kini menjadi mitos yang telah mengakar ditengah masyarakat setempat.

Sosok gaib berwujud perempuan cantik tersebut dipercaya memiliki banyak tempat persinggahan di beberapa lokasi pantai yang tersebar di sepanjang perairan Teluk Palabuhanratu.

Salah satunya adalah Goa Karang Pamulang yang berlokasi di kawasan Pantai Tenjoresmi, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Konon goa yang terbentuk secara alami ini dijadikan sebagai tempat persinggahan Nyi Roro Kidul.

Tidak hanya itu saja, goa inipun menjadi tempat yang dihuni berbagai mahluk gaib. Dari kabar yang beredar, tidak sedikit warga yang pernah masuk ke dalam goa tersebut mengaku telah mendengar suara auman seekor macan yang dipercaya berasal dari Pajajaran.

Entah siapa yang memulainya, namun Goa Karang Pamulang ini dipercaya sebagai tempat pengabul permintaan. Di tahun 90 an, tidak sedikit wisatawan yang berasal dari berbagai daerah mendatangi goa tersebut untuk mendapatkan kemudahan dalam berbisnis hingga kesembuhan dari satu penyakit.

1
2