Horor! Jangkrik Raksasa Muncul di Situs Pangguyangan Sukabumi

Avatar
Editor

Kabupaten Sukabumi – Satu lokasi lagi yang kerap disebut sebagai tempat angker di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Adalah Situs Pangguyangan yang terletak di Kampung Pangguyangan, Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak atau sekitar 18 km dari ibukota Palabuhanratu.

Tempat peninggalan jaman megalitikum tersebut santer dikenal dengan berbagai cerita mistis. Kejadian yang berkaitan dengan dunia gaib tersebut kerap dialami para pengunjung maupun juru kuci (Kuncen). Biasanya, orang yang berkunjung ke situs yang memiliki sebutan lain sebagai Embah Genter ini bertujuan untuk berziarah.

Konon, selama menjalani ritual ziarah tersebut mereka kerap mendapati adanya penampakan mahluk gaib dengan berbagai wujud yang menyeramkan. “Beberapa tahun lalu, di lokasi ini muncul mahluk gaib berwujud Jangkrik berukuran raksasa,” ungkap Mahpud, Kuncen Situs Pangguyangan.

Mahluk jejadian tersebut menampakan diri sesaat setelah Mahpud memiliki keyakinan jika area situs yang telah dijaga dan dirawatnya ini banyak berkeliaran binatang sejenis jangkrik.

Kakek berusia 75 tahun itu menyebutkan bukan hanya dalam wujud jangkrik saja, seorang pengunjung juga pernah melihat harimau yang ukuran fisiknya sangat tidak lazim karena cukup besar.

“Siapapun bisa melihat hal gaib di tempat ini. Asalkan pengunjung meminta dan meyakini akan hal mistis yang ada di tempat ini, maka mahluk gaib yang menghuni situs akan memenuhinya dengan menampakan diri dalam wujud sesuai yang diyakini oleh pengunjung,” ungkap Mahpud.

Berdasarkan pantauan, nuansa mistis sangat terasa ketika berada di sekitar kawasan Situs Pangguyangan. Lokasinya yang berada di balik rimbunan pepohonan besar dan berusia tua, semakin menambah kesan angker pada situs tersebut.

Karena dikenal sangat mistis, tidak heran jika situs prasejarah itu kerap dikunjungi oleh peziarah yang datang dari berbagai daerah. Tujuan mereka tak lain untuk bertarekat atau sekedar ingin memenuhi hasrat hobbinya terhadap dunia gaib. Anda bernyali? silahkan buktikan sendiri. (*)

Reporter : M Rizal Jalaludin
Editor     : Agung Sudiharto