Inilah Hal Termistis pada Gunung Cabe di Cisolok Sukabumi

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Tidak semua warga Sukabumi mengetahui jika di wilayahnya terdapat sebuah gunung bernama Gunung Cabe. Kawasan pegunungan yang terletak di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi ini ternyata menyimpan mitos serta kisah menyeramkan.

Lebih tepat lokasinya berada di wilayah Kampung Cimaja, Desa Cimaja. Seperti lanskap bumi lainnya, Gunung Cabe ini pun memiliki puncak, lereng hingga lembah pada bagian punggung gunungnya.

Sebenarnya jika dilihat dari ketinggian serta luasan area lahannya, Gunung Cabe tersebut lebih cenderung menyerupai sebuah bukit. Terlepas dari itu, ternyata Gunung Cabe ini menyimpan banyak kisah berbau mistis hingga mitos.

Sejak dahulu hingga sekarang, mitos yang paling populer di tengah masyarakat sekitar adalah soal adanya tanaman berbuah Cabai dengan ukuran yang tidak lazim.

Buah cabai yang satu ini berukuran sangat besar atau setidaknya nyaris seperti sebuah perkakas memasak berupa penanak nasi. Karena itulah, kawasan gunung ini dinamai sebagai Gunung Cabe (Sebutan Cabai dalam bahasa Sunda).      Halaman Selanjutnya >> 

1
2